AMBON, Siwalimanews – Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) klas II A Pattimura Ambon memperingatkan masyarakat, bahwa hujan lebat masih berpotensi turun melanda kota ini.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Ambon Wihelmina Paays menjelaskan, hujan sedang hingga lebat masih berpotensi terjadi di wilayah Kota Ambon, Kabupaten Malteng, Kabupaten SBB, SBT hingga Kabupaten Kepulauan Aru pada hari ini, Sabtu (25/7).

“Sementara keesokan harin ya Minggu (26/7) hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi  pada wilayah  Kota Ambon, Malteng, SBB dan SBT,” ungkap Paays dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews Sabtu (25/7).

Untuk sirkulasi sirkonik kata Paays, terpantau pada Kalimantan Barat Bagian Barat yang menarik sebagian besar massa udara ke wilayah tersebut menyebabkan terbentuk pumpunan angin memanjang dari Kalimantan Utara hingga Maluku Utara menyebabkan perlembatan udara yang terpantau pada wilayah Maluku khususnya Seram dan Buru.

Sementara kelembapan udara lapisan atas pada wilayah Maluku umumnya terpantau basah berkisar 80-100 % kecuali Maluku Barat daya terpantau 60-80%. Sedangkan anomali suhu muka laut perairan Maluku menunjukan keadaan yang cukup hangat, khususnya pada wilayah Laut Seram yang mengindikasikan tamban suply uap air di wilayah Maluku cukup signifikan khususnya pada wilayah Pulau Seram dan sekitarnya .

Baca Juga: Febry Sumbang Sapi ke Masjid An Nur Batu Merah

“Namun pada wilayah laut Banda, perairan Kepulauan Kei berada pada kisaran normal sehingga tambahan pada masa udara pada wilayah Pulau Ambon, Seram dan Buru tidak  begitu signifikan,” jelasnya.

Dengan  demikian tambah Paays, labilitas udara pada wilayah Maluku cukup tinggi dan didukung oleh konektivitas lokal yang kuat dapat mendukung pertumbuhan awan hujan secara lokal dan cukup aktif untuk bertumbuh khususnya pada wilayah Pulau Buru, Seram serta Pulau Ambon pada dua hari ke depan. (Mg-5)