NAMROLE, Siwalimanews – Kehadiran Kepolisian Resort (Polres) di Kabupaten Buru Selatan (Bursel) yang selama ini diidam-idamkan masyarakat dipastikan akan segera terbentuk dalam tahun ini.

Pasalnya, Kapolda Maluku Irjen Baharudin Djafar telah menjanjikan di bulan Oktober ini, Polres Persiapan Kabupaten Bursel akan dibentuk dan langsung beroperasi.

“Jadi kedatangan saya ke Bursel selain mengecek persiapan pengamanan pilkda disini, sekaligus juga untuk melihat keseriusan pemda disini dalam mendukung proses pembangunan Mapolres persiapan dan ternyata Pemda Bursel dukung sangat mendukungnya. Untuk itu dalam waktu dekat segera kami operasionalkan, paling lambat itu bulan 10 Polres Persiapan Bursel sudah dibentuk dan langsung beroperasi,” ucap kapolda kepada wartawan disela-sela peninjauan lokasi pembangunan Mapolres Persiapan Bursel.

Menurutnya, pengaktifan Polres Bursel sebelumnya juga sudah pernah disinggung oleh Ketua DPRD Muhajir Bahta dan beberapa anggota DPRD lainnya saat bersilahturami di Mapolda Maluku beberapa waktu lalu.

“Sebelum ribut-ribut Covid, Pak Ketua DPRD dan beberapa anggota DPRD pernah datang ke saya untuk minta bentuk Polres di Bursel dan Bupati juga sampaikan bahwa permintaan ini sudah disampaikan sejak 5 tahun lalu karena keterbatasan personil di sini,” ujarnya.

Baca Juga: Lagi, Gegana Maluku Semprot Disinfektan di Sejumlah Lokasi

Untuk itu kata kapolda, kehadirannya di Bursel untuk meyakinkan Pemda dan DPRD serta Kapolres Buru, bahwa pihaknya sangat serius dan mendukung penuh pembangunan Mapolres Bursel secara devinitif.

“Kehadiran saya disini untuk yakinkan pak bupati, DPRD dan kapolres untuk mendukung penuh operasional Polres disini,” ucapnya.

Selain itu, persiapan pengoperasian Polres Bursel juga dalam rangka pengamanan Pilkada Bursel yang akan berlangsung pada 9 Desember 2020 nanti.

“Nantinya seluruh personil yang bertugas disini adalah mereka yang betul-betul mengamankan, memberi jarak yang sama dan memberikan pelayanan yang sama, serta perlakuan yang sama bagi para konstentan yang akan bertanding di Pilkada kali ini,” tandasnya.

Untuk diketahui, Pemda Bursel menghibahkan lahan untuk pembangunan Mapolres sekaligus asrama bagi anggota di Kilometer 4 Desa Kamlanglale, Kecamatan Namrole.

Sementara bangunan untuk Polres Persiapan sendiri, Pemda Bursel telah menyediakan bekas bangunan RSUD Namrole untuk digunakan sementara sambil menunggu selesainya pembagunan Mapolres. (S-35)