AMBON, Siwalimanews – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku menyiapkan Rp 834 miliar untuk memenuhi kebutuhan yang tunai selama bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah.

“Jika dilihat dari realisasi tahun sebelumnya, ada kenaikan 27 persen, tahun lalu hanya realisasinya Rp 656 miliar, sementara di tahun kita siapkan Rp 834 miliar,” ungkap Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku, Bakti Artanta, dalam keterangan persnya, di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku, Selasa (5/4).

Dijelaskan, dari Rp 834 miliar itu ada Rp 40 miliar diperuntukkan untuk uang pecahan kecil (UPK) sedangkan sisanya untuk uang pecahan besar (UPB) termasuk untuk mesin ATM.

“Jangan sampai kita bicara penukaran uang, tapi ATM-nya kosong. Jadi Rp 800 itu bukan hanya untuk uang pecahan kecil saja tapi juga untuk pecahan besar dalam rangka untuk mengisi ATM, itu sesuai proyeksi perbankan, Insya Allah tercukupi,” katanya.

Kata Artanta, dari Rp 834 miliar akan dioptimalkan melalui kas titipan bekerja sama dengan perbankan maupun kegiatan kas keliling BI.
“Untuk di Ambon kita kolaborasi 18 perbankan, ada 50 titik sehingga teman-teman perbankan juga bisa berikan layanan penukaran uang kepada masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga: Nababan Ajak HNSI Mengkritisi Program Pemprov

Sedangkan untuk wilayah lainnya di Maluku, lanjut Artanta, akan dioptimalkan juga melalui kas titipan.

“Untuk kegiatan kas keliling, di Ambon akan dilakukan tujuh kali selama Ramadhan dimana pada Rabu (6/4) di Terminal Mardika, Selasa (12/4), Kamis (14/4) di Maluku City Mall (MCM), Selasa (19/4) di kawasan Bundaran dr. J. Leimena Poka, Kamis (21/4) di Gong Perdamaian Dunia, Selasa (26/4) di Ambon City Center (ACC) Passo dan Kamis (28/4) di Lapangan Merdeka Ambon dimulai sejak pukul 10:00 hingga 12:00 WIT.

Penukaran dapat dilakukan setelah mendaftar pada https//www.pintar.bi.go.id minimal sehari sebelumnya. (S-21)