AMBON, Siwalimanews – Pendaftaran kompetisi inovasi kelistrikan yang diselenggarakan oleh PLN masih dibuka hingga 24 Mei 2021. Total hadiah mencapai 1 miliar rupiah untuk juara dan pendanaan prototipe.

Kegiatan ini merupakan upa­ya PLN dalam mendorong pe­manfaatan listrik dalam kehi­dupan sehari-hari (electrifying lifestyle).

Bertajuk PLN ICE 2021 (Innovation & Competition in Electricity), terdapat 2  kategori yang di kompetisikan, yaitu ken­daraan listrik dan non ken­daraan listrik.

Untuk kategori kendaraan lis­trik terdapat empat sub kate­gori yaitu sub kategori mobil listrik, sub kategori motor lis­trik, sub kategori sepeda listrik dan sub kategori kendaraan lis­trik roda tiga. Sementara untuk kategori Non Kendaraan Listrik terdapat 2 sub kategori yaitu sub kategori peralatan listrik dan sub kategori program bisnis.

“Seperti yang kita ketahui saat ini gaya hidup masyarakat mulai beralih dengan menggu­nakan peralatan elektrik atau elektronik. Melalui PLN ICE, kami mendorong inovasi anak bangsa untuk menghadirkan teknologi-teknologi di sektor kelistrikan yang dapat diguna­kan untuk menggerakan roda perekonomian masyarakat,” tutur Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN, Agung Murdifi dalam rilis yang diterima Siwalima, Senin (10/5).

Baca Juga: Pemkot Salurkan 250 Paket Sembako Gratis

Menurutnya adapun jadwal kegiatan PLN ICE 2021 sebagai berikut yakni pada 27 Maret – 24 Mei 2021 pengumpulan proposal.  14 Juni – 16 Juni 2021: pre­sentasi peserta terpilih.

Selanjutnya pada 18 Juni 2021 dilakukan pengumuman juara desain mobil, nominasi de­sain terbaik (selain kategori mobil) dan program bisnis terbaik

Kemudian pada 21 Juni sam­pai dengan 31 Agustus 2021 adalah pembuatan prototipe dan implementasi program bis­nis. Pada 1-30 September 2021 dilakukan uji coba dan seleksi prototipe dan dan 21 Oktober 2021 pengumuman juara prototipe.

PLN ICE merupakan program tahunan PLN, yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Hari Listrik Nasional dan dapat diikuti oleh mahasiswa aktif (D3 hingga S2) serta masyarakat umum. Dalam kegiatan ini peserta tidak dikenakan biaya pendaftaran.

“Menuju 76 Tahun PLN mene­rangi nusantara, kami secara terbuka mengajak kepada para mahasiswa dan masyarakat umum untuk dapat ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan ini,” tutup Agung.

Terpisah, General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) Adams Yogasara menyampaikan bahwa pihaknya berharap mahasiswa ataupun masyarakat di Maluku dan Maluku Utara dapat berpartisipasi dalam kompetisi ini. “Ini juga dapat menjadi ajang untuk menunjukan inovasi dari ma­hasiswa dan masya­rakat di Maluku dan Maluku Utara, khususnya di sektor ketenaga­listrikan”, tambah Adams. (S-39)