MASOHI, Siwalimanews – Bank Indonesia Perwakilan Maluku menfasilitasi pembentukan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) Kabupaten Buru Selatan.

Kepala Perwakilan BI Maluku Noviarsano Manulang mengaku, BI akan terus mendukung perkembangan dan pertumbuhan di Indonesia, termasuk implementasi digitalisasi pembayaran, serta pendirian SK bupati terkait pembentukan tim P2DD Kabupaten Bursel.

“Sebagai mitra pemda, kami selalu berupaya menyelaraskan dengan program pemerintah baik provinsi, kabupaten kota di wilayah Maluku,” ujar Manulang dalam rilisnya yang diterima Siwalima, Rabu (5/1).

Pembentukan tim P2DD ini kata Manulang, dilandasi dengan Keputusan Presiden Nomor: 3 tahun 2021 tentang Satgas Percepatan dan Perluasan digitalisasi daerah dan permendagri Nomor 56 tahun 2021 tentang Tim Percepatan dan perluasan digitalisasi daerah provinsi serta kabupaten kota tata cara implementasi atau ETPD.

“ETPD diharapkan dapat mewujudkan tata kelola keuangan yang lebih baik, transparansi penggunaan anggaran dan meningkatkan potensi penerimaan pemda,” ucapnya.

Baca Juga: Insentif Kader Posyandu Baru Cair Tahun 2022

Implementasi dari ETPD juga menurutnya dapat menggandeng fintech maupun e-commerce sehingga dapat memfasilitasi pembayaran komponen PAD, seperti pajak, retribusi daerah dan lain-lain.

Kedepan pemda dapat saling berkoordinasi untuk menyusun atau mempertajam roadmap dan action plan ETPD, sehingga arah pengembangannya dapat berjalan dengan lancar. (S-51)