AMBON, Siwalimanews – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon, Endy Pelupessy mengungkapkan, pihaknya siap melaksanakan penyuntikan vaksin moderna (Vaksin dosis III) kepada para tenaga kesehatan (Nakes).

Pelupessy mengungkapkan, pelaksanaan vaksinasi tersebut bergantung pada bukti penanda tanganan pakta integritas yang harus dimasukan oleh fasilitas kesehatan (faskes) kepada dinas.

“Yang sudah memasukan itu kita akan langsung melakukan penyuntikan vaksin moderna dalam Minggu ini,” ungkap Pelupessy, kepada wartawan, di Ambon, Kamis (12/8).

Pelupessy membeberkan, sampai dengan saat ini belum ada yang memasukan. Dan pihaknya masih sementara menunggu. “Kami masih menunggu untuk dimasukan pakta integritas dari faskes yang ada di Ambon,” katanya.

Dijelaskan Pelupessy, pakta integritas tentunya berisi daftar nama nakes di faskes yang tentunya akan melakukan vaksin moderna tersebut. “Semua yang terlampir didalam pakta integritas itu benar-benar adalah nakes yang akan divaksin dan ditandangani oleh kepala faskes itu sendiri,” pungkasnya.

Baca Juga: HMI Demo Minta Keadilan bagi Risman Soulissa

Diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon, Wendy Pelupessy membeberkan sebanyak 3.000 lebih tenaga kesehatan (Nakes) akan melakukan vaksin moderna atau vaksin ketiga dalam waktu dekat.

“Ada sekitar 3.000-an yang nanti vaksin moderna,” beber Pelupessy, kepada Siwalima, melalui pesan WhatsApp, Senin (9/8).

Diakuinya, jumlah nakes ini berasal dari data total mereka yang kemarin sempat mengikuti vaksinasi di awal pelaksanaannya di Indonesia.

“Nakes itu sesuai dengan jumlah yang sudah divaksin kemarin, itu sebagai dasar,” katanya.

Satu hal penting, lanjut belok besi. Fasilitas kesehatan (Faskes), baik Puskemas atau klinik, termasuk kantor kesehatan pelabuhan yang nakesnya melakukan vaksinasi harus menandatangani pakta integritas. Hal tersebut tentu diterangkan didalam surat edaran (SE), HK.02.01/I/1919/2021 dari Kemeterian Kesehatan dan dirilis pada 25 Juli 2021 lalu.

“Karena itu harus benar benar nah khas yang vaksin. Sehingga saya sudah lakukan zoom dengan kepala kepala Puskesmas, untuk memastikan mereka memasukkan pakta integritas yang sudah ditandatangani, agar menjadi bukti bahwa yang di vaksin adalah nakes mereka,” jelas Pelupessy.

Tambahnya, bagina kesan yang akan mengikuti vaksinasi tahap III, harus melewati tahap vaksinasi pertama dan kedua terlebih dahulu. Sehingga proses selanjutnya dapat diikuti dengan baik.

“Jadi setiap orang dia harus sudah dua kali dulu, sudah dua kali baru bisa dapat moderna,” pungkas Pelupessy. (S-52)