AMBON, Siwalimanews – Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Sadli Ie, memastikan pelantikan empat penjabat kepala daerah dipastikan akan berlangsung pada, Selasa (24/5).

Kepastian pengambilan sumpah dan janji empat penjabat kepala daerah ini disampaikan sekda merespon penundaan waktu pelantikan yang sedianya dilakukan pada Minggu (22/5).

“Empat penjabat kepala daerah ini baru akan dilantik nanti, Selasa (24/5). Jadi ditunda dua hari saja pasca selesai masa jabatan kepala daerah yang lama pada 22 Mei 2022,” tandas Sadli.

Alasan penundaan pelantikan ini kata Sadli, dikarenakan Pemerintah Provinsi Maluku masih memberikan waktu kepada empat orang yang telah ditetapkan menjadi penjabat kepala daerah oleh Mendagri, untuk mempersiapkan diri dan perlengkapan atribut guna proses pelantikan nanti.

“Tidak ada masalah berarti, hanya sifatnya teknis saja itu bahwa penundaan karena kita berikan kesempatan kepada para calon untuk persiapkan pakaian dan sebagainya,” beber Sadli.

Baca Juga: KPK Periksa 11 Kadis & 3 Pegawai Pemkot Hari Ini

Selain itu, penjabat Bupati SBB Brigjen TNI Andi Chandra As’aduddin yang adalah Kepala BIN Daerah Sulawesi Tengah, baru bisa tiba di Ambon Senin siang, sehingga membutuhkan waktu untuk mempersiapkan diri sebelum dilakukan pelantikan.

“Beliau kan dari Sulawesi Tengah harus ke Ambon dulu, jadi dia mesti siapkan dia punya hal-hal dulu. Intinya dia baru bisa masuk Ambon 23 Mei, sehingga pelantikan akan dilakukan pada 24 Mei,” jelas Sadli.

Untuk diketahui empat penjabat kepala daerah ditunjuk Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yakni, Bodewin Wattimena sebagai Penjabat Walikota Ambon, Djalaludin Salmpessy Penjabat Bupati Buru, Daniel E Indey Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar serta Brigjen TNI Andi Chandra As’aduddin sebagai Penjabat Bupati Seram Bagian Barat. (S-20)