Ambon, Siwalima – Setelah berhasil menjalankan program satu rekening satu pelajar atau yang disebut dengan Program KEJAR, Kota Ambon kembali meraih penghargaan dari Otoritas Jasa Keuangan.

Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena saat menerima penghargaan tersebut, bertepatan dengan pelaksanaan apel pagi ASN jajaran Pemkot Ambon, Selasa (6/12) mengatakan, penghargaan ini sekaligus mendukung Pemkot Ambon dalam upaya mengembangkan inovasi-inovasi yang berkaitan dengan percepatan membangun akses terhadap berbagai layanan keuangan, serta membantu masyarakat dalam menerapkan skala prioritas dalam mengelola keuangannya.

“Ini juga dapat mendorong pemkot untuk meluncurkan inovasi-inovasi lebih cepat, dalam membangun gerakan satu minggu satu hari menabung, yang menjadi inklusi keuangan dan literasi keuangan yang harus dilakukan,” ucap walikota.

Menurut walikota, gerakan satu minggu satu hari menabung yang dilaunching pagi tadi, di Balai Kota itu, sudah diterapkan pada 6 sekolah di Kota Ambon sebagai uji coba. Keenam sekolah itu yakni, SMPN 5, SMPN 6, SMPN 9, SMPN 11, SMPN 19, dan SMPN 10.

Program ini diharapkan agar anak-anak generasi bangsa dapat memanfaatkan jasa keuangan dengan baik, sebab dengan program ini, dapat mengajarkan anak-anak, untuk hidup hemat, gemar menabung untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan primer dan kebutuhan lainnya.

Baca Juga: Pangdam: Bendungan Waeapo Bisa Jadi Objek Wisata

Sementara itu Kepala Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Maluku Rony Nazar, disela-sela penyerahan penghargaan kepada walikota memberikan apresiasi yang tinggi terhadap apa yang diperoleh Kota Ambon saat ini, yang telah meraih posisi kedua untuk tingkat nasional implementasi program KEJAR.

“Meski kita jauh di timur, namun kita juga bisa berprestasi, bahkan lebih baik dari kota-kota lainnya di Indonesia, dan ini tentu atas kerja keras semua tim percepatan akses keuangan daerah yang terdiri dari pemda, stakeholder, lembaga jasa keuangan, perbankan maupun non perbankan, asosiasi LJK, dan akademisi. Marilah kita sama-sama berkolaborasi, bersinergi dengan seluruh elemen,  guna berkarya bagi kesejahteraan masyarakat di Ambon, Maluku,” ajak Nazar.(S-25)