Bula, Siwalimanews – Video anggota KPPS pada TPS 02 Negeri Werinama,  yang membawa surat suara ganda viral di medaia sosial.

Video berdurasi 1:14 detik itu, terlihat anggota KPPS atas nama Muhammad Akbar Elnusa yang akan memberikan hak pilihnya di TPS 02 Werinama yang hendak memberikan hak pilihnya di TPS itu, membawa 2 lembar surat suara ke dalam bilik suara.

Namun disaat yang bersangkutan hendak masuk ke bilik suara, saksi dari paslon lain serta masyarakat dan Bawaslu yang hadir di TPS itu melihatnya dan langsung mencegat serta meminta yang bersangkutan untuk membuka kertas suara sebelum masuk ke bilik suara.

Muhammad Akbar Elnusa yang juga anggota KPPS pada TPS itu akhirnya tak bisa berbuat banyak sebab warga serta saksi paslon lain maupun Bawaslu, menyuruhnya membuka kertas suara didepan masyarakat dan ketua KPPS Muhamad Yalsunan, dan saat dibuka ternyata benar dua lembar surat suara dibawahnya.

“Coba buka itu surat suara didepan semua orang sebab itu lebih dari satu,” ungkap orang yang mengambil video tersebut.

Baca Juga: Dituding Buat Undangan, Ini Penjelasan Rumuar

Karena ketahuan, akhirnya anggota KPPS itu mengembalikan satu surat suara ke meja Ketua KPPS, sementara satu surat suara lainnya dipakainya untuk dicoblos. Usai mencoblos, anggota KPPS ini langsung keluar bilik dan menunjukan ia mencoblos paslon FAHAM.

Tim Pemenang paslon ADIL, Asis Mahulette Kepada Siwalimanews di Bula, Kamis (17/12) mengaku, video anggota KPPS TPS 02 di Werinama yang mengambil dua lembar surat suara untuk dicoblos ini juga telah dikumpulkan sebagai barang bukti dan siap untuk dilaporkan juga.

“Bukti ini juga kami sudah kumpulkan untuk dilaporkan, karena ini pelanggaran pilkada sehingga harus diproses,” ucapnya.

Menurutnya, ini juga kemungkinan merupakan salah satu upaya kecurangan untuk memenangkan paslon FAHAM. Ini juga, diduga telah diseting secara rapi, namun Allah SWT memperlihatkan kebesarannya dengan membongkar upaya kecurangan tersebut. (S-47)