AMBON, Siwalimanews – Belum patuh masyarakat menjalankan protocol kesehatan, Pemkot Ambon berniat memperpanjang Pembatasan Sosial Bersakala Besar (PSBB) transisi tahap XIV.

Untuk itu salah satu upaya dilakukan oleh satgas covid adalah memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan.

“Jadi sosialisasi kita sasar pada tempat keramaian untuk persiapan penerapan PSBB transisi tahap XIV,” jelas Koordinator Fasilitas Umum, Satgas Covid-19 Kota Ambon, Richard

Luhukay, pada wartawan di Balai Kota, Senin (18/1).

Langkah sosialisasi yang sedang dilakukan bertujuan untuk memberikan himbauan kepada setiap pemilik usaha atau para pengunjung yang melakukan aktivitas diluar rumah, tapi tetap menerapkan protocol kesehatan.

Baca Juga: Silawane Minta Dinkes Tingkatkan Sosiliasi Tentang Vaksin

Selain itu, kata Luhukay juga di ingatkan kepada masyarakat bahwa masa PSBB transisi XIV, pihaknya akan memperketat aturan penerapan protocol kesehatan.

Satgas akan lebih perketat pengawasan khusus di tempat keramaian. Masyarakat yang beraktivitas di keluar rumah harus menggunakan maskel guna menjaga tidak timbul klaster baru.

“Yang melanggar kita tindak tegas supaya tidak ada lagi alasan atau adu argumen dari mereka yang enggan menerima sanksi oleh pemerintah,” jelasnya. Luhukay menambahkan ada tiga lokasi yang menjadi sasaran sosialisasi protocol kesehatan yakni Ambon Plaza, Maluku City Mall, Ambon City Center. “Lokasi inilah yang banyak dikunjungi dan merupakan spot keramaian di Kota Ambon,” tandasnya. (S-52)