AMBON, Siwalimanews – Sejumlah lapak untuk pedagang kaki lima (PKL) dibangun pemerintah Kota Ambon di jalan Pantai Mardika tepatnya di Pelabuhan Enrico atau Pelabuhan Rakyat Batu Merah rusak diterjang ombak.

Lapak-lapak yang dibangun dengan menggunakan kerangka baja ringan yang diperuntukan untuk PKL yang selama ini berjualan di jalan tersebut sekaligus penataan pedagang.

Pantauan Siwalima, dari puluhan lapak yang dibangun hanya sebagian saja yang rusak karena berdekatan dengan garis pantai.

Kepala Dinas Perindag Kota Ambon, Sirjhon Slarmanat yang dikonfirmasi terkait dengan rusaknya sejumlah lapak PKL mengaku sudah melakukan pengecekan dan melakukan koordinasi dengan satpol PP dan dinas PUPR.

“Saya baru cek tadi pagi dengan Kadis PUPR dan Kasatpol PP Kota Ambon, sebenarnya kerusakan tidak banyak. Itu cuma diterjang ombak kemarin, maka dia punya spandek bawah lepas, tidak kancing kuat. Karena baru kerja,” ungkap Slarmanat kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Kamis (9/12).

Baca Juga: Panglima TNI: Silahkan Revitalisasi Benteng Victoria

Ditanya kapan proses perbaikan dilakukan dirinya berjanji dilakukan pada Jumat 10 Desember. “Tadi saya sudah perintahkan untuk segera siapkan dia, perbaiki sampai hari Jumat itu sudah bisa selesai,” terangnya.

Slarmanat menegaskan, soal perbaikan lapak menjadi tanggung Disperindag. Pedagang yang hendak menempati lapak tersebut tak perlu khawatir.

Slarmanat memastikan pihaknya tetap akan mengontrol kondisi lapak atau los tersebut apabila belum ditempati dengan prediksi alam hingga Januari 2022 masih dilanda cuaca buruk.

“Ini kondisi force mayor. Bencana itu tidak bisa kita prediksi. Tetap pe­ngontrolan jalan. Tapi jangan seakan-akan karena itu akan me­nghambat seluruh program-program yang lain,” pungkasnya. (S-52)