AMBON, Siwalimanews – Guna meminimalisir aksi kejahatan yang terjadi di kawasan pasar maupun Terminal Mardika, maka Polda Maluku bekerjasama dengan Pemkot Ambon akan memasang kamera pemantau atau CCTV di kawasan tersebut.

Untuk melihat lokasi pemasangan CCTV tersebut, maka Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif bersama Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena, serta Ketua DPRD Kota Ely Toisuta dan Kapolresta Pulau Ambon turun langsung ke pasar dan terminal, Jumat (27/2).

Kepada wartawan di Pasar Mardika walikota mengaku, belakangan ini aksi  kriminal marak terjadi di kawasan ini dan sudah sangat meresahkan, tidak hanya para pedagang, tetapi warga yang beraktivitas di kawasan tersebut pun sudah resah.

“Untuk itu, langkah yang dilakukan pak kapolda, kapolresta dan jajaran untuk memasang kamera pemantau di kawasan itu sangat tepat, dan kami dukung itu,” ujar walikota.

CCTV tersebut kata walikota, akan dipantau langsung olehnya bersama Kapolresta dan juga Dandim, dari ruang kerja masing-masing, disamping yang dipantau oleh personel di pos pengamanan terpadu yang akan dirikan dalam waktu dekat ini.

Baca Juga: Selundupkan 10 Batang Emas, Pegawai Avsec Bandara Pattimura Ditangkap

Langkah ini bertujuan untuk membasmi seluruh aksi kriminal dikawasan tersebut, yang selama ini sudah meresahkan warga kota yang beraktivitas disitu.

Sementara itu, Kapolresta Ambon Kombes Raja Arthur Lumongga Simamora menambahkan, pihaknya akan menjalankan sesuai perintah kapolda, salah satunya adalah segera mendirikan pos pengamanan terpadu di kawasan Terminal B Mardika.

“Segera kita bangun Pospam terpadu dengan melibatkan unsur pemkot, TNI dan Polri, sebagai energi baru dalam mencegah seluruh aksi kriminal di kawasan Mardika. Selain membangun pos juga akan memasang k 13 kamera CCTV,” jelas kapolresta.

Kapolresta menegaskan, CCTV yang akan dipasang pada kawasan ini adalah permanen dan aktif 24 jam. Dengan demikian dharapkan warga tidak lagi resah.

“Pos pengamanan terpadunya aktif, kameranya aktif 24 jam dan akan memantau aktivitas di kawasan Pasar maupun Terminal Mardika,” ujar kapolresta.(S-25)