AMBON, Siwalimanews – Badan Pengawas Pemilu Pro­vinsi Maluku meminta media massa untuk sama-sama berpar­tisipatif dalam melakukan peng­awasan pemilu tahun 2024.

Permintaan ini disampaikan Ketua Bawaslu Provinsi Malu­ku, Subair dalam sambutannya pada kegiatan Sosialisasi Peng­awasan Partisipatif Bersama Media Massa dan Penandata­ngan MoU, yang berlangsung di Grand Avira, Rabu (22/11).

Dikatakan, peran media massa tidak bisa lagi diperdebatkan. Media menjadi pilar keempat demokrasi di negara ini dan dengan andil yang besar itu, maka penting bagi Bawaslu untuk membangun kerja sama dengan media guna mendukung kerja-kerja Bawaslu dalam pe­laksanaan pemilu 2024.

“Kita tidak bisa bekerja sen­diri. Kita butuh media sebagai corong dalam memberikan edukasi, sosialisasi serta pendidikan politik guna mewujudkan Pemilu yang berkualitas di Maluku,” kata Subair.

Menurutnya, jika Bawaslu bekerja dan diam, maka keper­cayaan publik terhadap Bawaslu pun tidak akan meningkat.

Baca Juga: Jangan Coreng Institusi, Kasus Bondowoso Dibawa ke Maluku

“Kami sudah menggandeng media sebagai mitra kerja dalam menyukseskan penyelenggaraan pemilu dalam hal kerja-kerja pengawasan. Kami harap, media menjaga kepercayaan publik terhadap kami penyelenggara pemilu,” pintanya

Subair mengatakan, ibarat sebuah pertandingan, pemain bisa saja curang tapi jika wasit atau yuri curang dan tidak dipercaya, maka akan terjadi satu keributan besar dari pertandingan itu.

“Sama dengan kita. Kalau misalnya caleg berbuat pelanggaran bisa ditindak, tapi kalau kita yang diberitakan curang, ini akan menimbulkan kegaduhan,” katanya.

Subair meminta media dapat membangun partisipasi serta menjaga kepercayaan publik terhadap penyelenggara pemilu bukan saja Bawaslu tapi juga KPU.

Selain sosialisasi juga dilakukan penantanganan MoU bersama media massa yang diwakili Ketua IJTI Maluku, Imanuel Souhaly; Sekretaris AJI Ambon, Habil; Wakil Ketua KPID, Khaerudin Mahmud dan Ketua Bawaslu Maluku, Subair.

“Kerja sama tersebut dalam rangka membangun sinergitas dengan harapan media dapat menjadi corong informasi setiap kegiatan Bawaslu menyangkut dengan tahapan dan pelaksanaan pemilu 2024,” pintanya.

Hadir juga perwakilan partai politik, caleg DPD RI dan OKP se-Kota Ambon. (S-08)