JAKARTA, Siwalimanews – Anggota DPR RI Fraksi PDI Per­juangan dapil Provinsi Maluku, Mercy Chriesty Barends, mendu­kung dan memberi apresiasi atas ter­selenggaranya kegiatan high level meeting yang merupakan kerja sama antara Badan Kerjasama Pro­vinsi Kepulauan dengan DPD RI yang berlangsung di Gedung Nu­santara IV DPR.

Kegiatan yang dibuka secara virtual oleh Bapak AA La Nyalla Mah­mud Mattalitti selaku Ketua DPD RI ini  bertemakan, “Membangun Soli­daritas untuk Percepatan Pembaha­san dan Pengesahan RUU Tentang Daerah Kepulauan”.

“Saya mengapresiasi dan mendu­kung pertemuan ini guna mempe­cepat proses pembahasan RUU Tentang Daerah Kepulauan,” ujar Mercy saat berbicara pada kegiatan tersebut.

Menurut Mercy, DPD RI telah berjuang keras sebagai pihak yang mengusulkan RUU Tentang Daerah Kepulauan dalam Prolegnas. Dan, semua ini butuh proses yang pan­jang dan melelahkan namun sebagai perwakilan legislatif di dapil yang berasal dari provinsi kepulauan, maka kita sangat berkomitmen dan terus berjuang keras agar RUU ini bisa segera dibahas dan disahkan.

“RUU Daerah Kepulauan meru­pakan urusan bernegara, yang me­miliki semangat untuk memperkecil kesenjangan pembangunan antar wilayah,” ungkapnya.

Baca Juga: DPRD Maraton Selesaikan Pembahasan Ranperda Covid-19

Maka, tambah Barends, perlunya political will, koordinasi dan kerja keras semua pihak yang terkait dalam provinsi kepulauan baik dari DPR RI, DPD RI maupun dari pemangku kebijakan yang berasal dari  8 provinsi kepulauan ini sehingga RUU ini bisa segera menjadi UU yang definitif.

“Saya mendukung untuk segera dilakukan pertemuan dan pembicaraan langsung antara Badan kerjasam Provinsi Kepulauan didampingi oleh DPD RI dengan Presiden Jokowi secepatnya sehingga proses RUU ini bisa segera terealisasi di tahun ini,” harap Barends.

Untuk diketahui, Daerah Kepulauan terdiri dari 8 Provinsi Kepulauan dan 86 Kabupaten/kota Kepulauan.

Hadir sebagai narasumber, Wakil Ketua I DPD RI Nono Sampono, Kepala BKS Provinsi Kepulauan Ali Mazi dan Basilio Diaz Araujo Pakar Maritim.

Selain para narasumber, kegiatan high level meeting tersebut juga dihadiri oleh sejumlah pemangku kebijakan dari 8 Provinsi kepulauan diantaranya, pimpinan DPR RI, pimpinan DPD RI, Anggota DPR RI, Anggota DPD RI, para gubernur, pimpinan DPRD provinsi, para bupati/walikota, anggota BKS, para Rektor Perguruan Tinggi Provinsi Kepulauan dan DPP Aspeksindo.

Kegiatan itu sendiri diakhiri dengan Penandatanganan pakta dukungan untuk mempercepat proses pembahasan dan pengesahan RUU Tentang Daerah Kepulauan.

Usai kegiatan High Level Meeting (HLM) tersebut, Mercy Barends langsung berjumpa dengan pimpinan Fraksi PDI Perjuangan dalam hal ini Sekretaris Fraksi Bambang Wuryanto, untuk menyampaikan laporan hasil HLM tadi dan sekaligus meminta arahan dan dukungan untuk percepatan pembahasan dan pengesahan RUU Tentang Daerah Kepulauan.

“Fraksi memberikan dukungan penuh terhadap penandatanganan pakta dukungan dan akan mem­-percepat proses pembahasan se­suai mekanisme pembahasan RUU di DPR RI berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” jelas Mercy. (S-39)