AMBON, Siwalimanews – Sejumlah pihak terus menyalurkan bantuan sebagai bentuk kepedulian dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Provinsi Maluku.

Bantuan-bantuan itu disalurkan ke posko Gugus Tugas, Kamis (14/5) diantaranya dari PT Pos Indonesia Cabang Ambon,  PT Perikanan Nusantara Ambon dan juga organisasi kemasyarakatan serta Forum Maluku Bersatu (FMB).

Penyerahan bantuan dilakukan di Sekretariat Gustu Lantai VI Kantor Gubernur Maluku dan diterima langsung oleh Sekretaris Gustu Covid-19 Maluku Henri Far-Far didampingi Liaison Officer (LO) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  Rochiman.

Bantuan dari PT Pos Indonesia Cabang Ambon diserahkan langsung oleh Kepala Pos Indonesia Cabang Ambon Muhammad Adam didampingi pejabat PT Pos Danny Lesnussa.

Bantuan yang diserahkan PT Pos berupa susu, vitamin dan juga 100 masker untuk para medis. Sedangkan, bantuan dari PT Perikanan Nusantara berupa seribu masker kain diserahkan pimpinan PT Perikanan Nusantara, Minto didampingi Kepala Operasional, Roy dan diterima oleh Sekretaris BPBD Maluku Sais Salong.

Baca Juga: Tiga Jabatan Kapolsek Diserahterimakan

Sebelumnya ditempat yang sama, Forum Maluku Bersatu yang merupakan organisasi kemasyarakatan yang menghimpun anak muda di Maluku menyerahkan 150 unit Alat Pelindung Diri (ADP) berupa  pakaian Hazardous Material (Hazmat) yang berfungsi melindungi diri dari virus.

Bantuan diserahkan oleh Ketua Umum FMB Julian Palar, didampingi Sekjen Jasmin serta  Ketua Dewan Pembina.

Usai menerima bantuan, Far-Far menyampaikan terima kasih kepada PT Pos Indonesia Cabang Ambon, PT Perikanan Nusantara dan juga FMB serta semua pihak yang memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 di provinsi ini.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang miliki kepedulian  dengan adanya wabah ini. Bantuan ini sangat berarti dalam rangka membantu Gustu yang diberikan tugas  dan tanggung jawab untuk penanganan virus ini,” ujar Far-Far yang juga Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku itu.

Dikatakan, bantuan-bantuan yang diserahkan berupa susu, vitamin, masker medis dan masker kain  serta pakaian Hazmat akan dilaporkan ke Ketua Harian Gustu Covid 19 Maluku  Kasrul Selang dan selanjutnya akan segera didistribusikan.

“Bantuan-bantuan ini akan dilaporkan ke Ketua Gustu sebelum didistribusikan,” ujarnya.

Menurutnya, bantuan berupa pakaian Hazmat ini nantinya akan diserahkan kepada para medis yang merupakan garda terdepan dalam layanan penderita Covid-19.

Diharapkan bantuan yang diserahkan  ini dapat membantu para tenaga medis untuk selalu mengenakan APD ketika bertugas sehingga kesehatannya dapat terus terjaga.

“Gustu akan menyerahkannya kepada para medis yang merupakan garda terdepan dalam layanan penderita Covid-19 dan juga pasien,” tukasnya.

Far-Far juga meminta agar semua pihak dapat menerapkan protokol kesehatan yang merupakan kunci sukses pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19, antara lain jaga jarak, sering cuci tangan dan bila terpaksa keluar rumah maka wajib pakai masker.

Sementara itu, Ketua FMB Julian Palar mengakui bahwa bantuan yang disalurkan ini  dimaksudkan untuk membantu Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Maluku dalam menjalankan tugas penanganan dan pengendalian wabah Covid-19.

Bantuan yang diserahkan ini sebelumnya direncanakan disalurkan FMB ke Gustu Kabupaten/Kota di Maluku, namun terkendala karena adanya penerapan Pembatasan Sosial Berskala Regional.

“Planning awal kami akan salurkan ke kabupaten/kota namun karena aksesnya agak sulit,” tukas Palar.(S-39)