NAMLEA, Siwalimanews – Ongen Saknosiwi, peraih juara dunia tinju kelas bulu versi WBC Asian Boxing Council Continental, pulang ke kampung halaman di Waenibe, pasca kemenagannya melawan petinju asal Thailand , Nanthawat Mailochat, di Singapura, 7 September lalu.

Oleh pimpinan TNI AU, prajurit yang berprestasi ini diizinkan pulang kampung dan berlibur selama tiga hari di Desa Waenibe, Kecamatan Fenakisela, Kabupaten Buru.

Setibanya di Kabupaten Buru, Selasa (17/9), Ongen disambut  haru pihak keluarga.

Dengan didampingi  Kadispamsan AU, Marsekal pertama Donald Kasenda,  Ongen dijemput oleh pemerintah kabupaten buru beserta keluarga.

Ongen yang mengenakan pakaian satuan TNI AU  sambil memegang sabuk emasnya diarak menuju kampung halaman di Desa Waenibe.

Baca Juga: 4 Balon Bupati SBT Resmi Daftar di PDIP

Kedatangan Ongen mendapat sambutan hangat dari masyarakat.  Beberapa warga bahkan nekat memblokade jalan dan menerobos konvoi, hanya untuk bersalaman dengan sang juara.

Sesampaianya di tanah kelahiran, Ongen disambut dengan serangkaian upacara adat khas Pulau Buru.

Momen harupun terjadi saat Ongen dipertemukan dengan kedua orang tuanya.

Pada pertandingan yang berlangsung di Singapura 7 September lalu, Ongen dinyatakan menang knockout pada ronde ke 4 atas petinju Nanthawat Mailochat pada sebuah pukulan keras ke arah rusuk kanan.

Kedatangan Ongen ke Pulau Buru dimaksudkan untuk memberikan motivasi bagi generasi muda di Maluku.

Ongen diberi kesempatan berkumpul dengan keluarga selama kurang lebih 3 hari, sebelum kembali menjalani pelatihan untuk pertandingan mempersiapkan gelar juara menghadapi penantang asal Jepang, November 2019 mendatang.

“Ongen diberi reward oleh pimpinan dan memerintahkan saya untuk menghantarkannya pulang kampung,” jelas Donald Kasenda.

Sementara itu Bupati Buru, Ramly Ibrahim Umasugi berharap, agar keberhasilan yang diraih Ongen ini dapat memotivasi generasi moda di daerah itu agar dapat mengukir prestasi seperti prajurit TNI UA asal Waenibe ini. (S-31)