SAUMLAKI, Siwalimanews – Kebakaran kembali terjadi di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Kali ini satu gudang Meubel milik Dani Go yang berlokasi di jalan Arafura, Kecamatan Tanimbar Selatan.

Kebakaran tersebut disinyalir akibat arus pendek listrik, beruntungnya saat terjadi kebakaran anak buah pemilik bangunan tidak ada di Lokasi kebakaran.

Kepada Siwalima, Saksi Toni Samponu (50) yang berada di TKP menjelaskan, kronologi kejadian bahwa saat itu dirinya sementara makan bersama istri dan anaknya, tiba – tiba anaknya berkata bahwa ada kebakaran, mendengar hal itu dirinya langsung bergegas menuju tempat kejadian disana sebagian bangunan telah terbakar.

“ Tadi sekitar pukul 21.00 Wit,  saya sedang makan malam,  saya dengar anak saya bilang, Ayah di belakang rumah tabakar, pada saat itu juga bersama keluarga saya langsung lari menuju ke tempat kebakaran namun api sudah membakar sebagian gudang. Sampai di tempat kebakaran saya langsung menelpon saudara Adi (Sopir tangki Air, Karyawan Dani Go) yang pada saat itu berada di Villa Bukit Indah menyampaikan bahwa telah terjadi kebakaran di Gudang milik Dani Go. Setelah mendapatkan telepon dari saya saudara Adi langsung membawa mobil tangki air menuju ke tempat kebakaran untuk memadamkan api namun api telah membesar dan membakar seluruh gudang,” ungkap saksi.

Sementara itu, Kapolsek Tanimbar Selatan Edi Weridity yang berada di lokasi saat di konfirmasi membenarkan bahwa telah terjadi kebakaran, setelah mendengar informasi itu dari anggota Polsek setempat             dirinya langsung memboyong personel ke TKP untuk memadamkan api.

Baca Juga: 12 Rumah Warga Waenetat Rusak Dihantam Puting Beliung

“Ketika Aipda Dasfamudi mela­-porkan bahwa telah terjadi kebaka­ran saya langsung perintahkan anggota kita menuju ke TKP untuk memadamkan api. Tak hanya kami, disana sudah lebih dulu dilakukan pemadaman oleh Sopir Tangki Air Pemilik bangunan. Disana juga ada terdapat personel Koramil 1507-02 yang membantu,” jelasnya.

Selang beberapa menit Tim pemadam juga hadir dan akhirnya memadamkan api pada pukul 23.00 menggunakan dua armada kebaka­-ran milik Damkar. Untuk Penyebab kebakaran masih didalami oleh pihak kepolisian namun diduga akibat arus pendek listrik.

“Api cepat menyebar dikarenakan kondisi angin tadi cukup kencang. Sampai dengan saat ini kami belum dapat memasti­kan besaran kerugian, Saat itu juga kami langsung mempoliceline lokasi kebakaran dan saya menyarankan agar tidak ada kegiatan apapun dulu sehingga besok kita akan melakukan olah TKP agar dapat mengetahui pasti  penyebab kebakaran tersebut” tandas Kapolsek

Dikatakan, dalam kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa sebab pemilik tidak ada di lokasi, materil yang terbakar berupa 1 bangunan hangus terbakar, Surat Berharga, Ijazah, Barang Antik kira kira 1000 buah, Patung Kayu, Patung Tulang, Patung Tempurung, Perabotan sekolah (meja, kursi ) siap pakai, Kayu 46 Kubik dan 1 buah Genset 5 kg,” beber Kapolsek.(S-26)