Banang Raja Kembali Berkibar di Aboru

Diarak Ratusan Warga Keliling Desa

AMBON, Siwalimanews – Bendera RMS atau yang sering disebut ‘Banang Raja” kembali berkibar di Desa Aboru, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu (25/4).

Pengibaran bendera RMS kali ini, selain dikibarkan di rumah-rumah warga serta jalan-jalan, masyarakat juga melakukan pawai keliling desa tersebut untuk menyambut HUT RMS tahun 2020, Sabtu (25/4) pagi.

Meriahnya pawai ratusan masyarakat dengan membawa bendera serta meneriaki “Mena Muria” dan merdeka itu, viral di media sosial facebook dalam bentuk vidio maupun foto-foto.

Dalam vidio yang diunggah tersebut, terlihat pawai merayakan HUT RMS tahun 2020 itu masyarakat seperti tak mempedulikan aparat keamanan dari TNI yang sementara berada di desa itu.

Bahkan ratusan masyarakat terutama para pemuda dan anak-anak mengibarkan bendera sambil berteriak merdeka di depan aparat.

Kasubag Humas Polresta Ambon Ipda Julkisno Kaispuy yang dikonfirmasi Siwalimanews terkait kebenaran vidio tersebut membenarkan, namun aksi tersebut hanya dilakukan oleh segelintir orang saja.

“Situasi di Desa Aboru aman-aman saja, sebab yang melakukan hal itu hanya segelintir orang saja, dan kini ada yang sudah diamankan di Mapolresta Ambon,” ungkap Kasubag.

Menyaol tentang berapa warga yang diamankan, Kasubag mengaku, ia belum tahu pasti berapa warga yang sudah diamankan di Mapolresta untuk dimintai keterangan.

“Nanti saya cek dulu, berapa orang yang sudah diamankan, apakah yang diamankan semua itu dari Aboru atau dari tempat lain lagi, soalnya saya belum tahu pasti,” ungkapnya. (S-21)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *