DOBO, Siwalimanews – Kegiatan baksi sosial (Baksos) berupa donor darah yang dilakukan personil Kompi 2 Batalyon C Pelopor Satuan Brimob Polda Maluku untuk memperingati HUT Korps Brimob Polri ke-75 tahun 2020.

Baksos tersebut digelar di RSU Cendrawasih Dobo Kabupaten Kepulauan Aru, Senin (9/11).

Dansat Brimob Polda Maluku Kombes Pol M. Guntur melalui Danki Brimob Kompi 2 Batalyon C Pelopor, Iptu Hidayat mengatakan, aksi yang dilaksanakan tersebut dalam rangka menyambut HUT Brimob sekaligus Bhakti Brimob untuk masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Dijelaskan, kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan aksi kemanusiaan dari Brimob Polda Maluku kepada masyarakat yang membutuhkan darah.

“Kegiatan ini juga merupakan Bhakti Brimob Untuk Masyarakat juga merupakan perbuatan yang mulia,” ujar Hidayat.

Baca Juga: Bulog Pastikan, Stok Kebutuhan Pokok Aman

Hidayat mengatakan, donor darah ini merupakan salah satu wujud Bhakti Brimob Untuk Masyarakat, serta memberikan sumbangsih kepada sesama yang membutuhkan pertolongan.

“Melalui aksi sosial ini diharapkan dapat meningkatkan rasa persaudaraan antar sesama dan dengan menyumbangkan setetes darah, kita dapat menolong masyarakat yang membutuhkan karena Bhakti Brimob Untuk Masyarakat ,” ungkapnya

Ditambahkan, rangkaian kegiatan donor darah ini dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19.

“Jadi sebelum melakukan donor darah, personil diwajibkan mengisi formulir, kemudian personil menjalani pemeriksaan kesehatan meliputi suhu tubuh dan tensi darah,” urainya.

Selain itu kata Hidayat, dalam baksos ini, seluruh petugas kesehatan dan personil wajib menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. “Dalam kegiatan ini, kami berhasil mengumpulkan 25 kantong darah,” tambahnya.

Menurutnya, tujuan kegiatan ini untuk menambah stok darah di RSU Dobo terutama di masa pandemi Covid-19.

“Harapan kami yakni melalui kegiatan donor darah ini dapat membantu masyarakat yang membutuhkan darah,” tutup Hidayat.

Turut hadir dalam kegiatan donor darah ini Wadanki Brimob Kompi 2 Batalyon C Pelopor, J.C Kalahatu dan seluruh personil Brimob. (S-25)