AMBON, Siwalimanews – Perayaan Idul Fitri 1444 Hijriyah telah berakhir, namun aktivitas arus balik pada sejumlah pelabuhan di wilayah hukum Polda Maluku masih terpantau ramai dan padat.

“Sampai hari ini berdasarkan laporan personel yang menempati pos-pos  Operasi Ketupat Salawaku 2023  di sejumlah pelabuhan dalam wilayah perairan Maluku terpantau masih padat dan ramai,” jelas Direktur Polairud Polda Maluku Kombes Handoyo Santoso, kepada wartawan di Ambon, Selasa (2/5).

Santoso menjelaskan, berdasarkan laporan dari Personil KP XVI-2003 Ditpolair Polda Maluku yang menempati Pos Pelabuhan Rakyat Desa Mamokeng, terlihat aktivitas arus balik dari pelabuhan ini menuju Saparua, Pulau Haruku, maupun Nusalaut atau sebaliknya terpantau ramai dan padat.

Hal yang samapun terpantau berdasarkan laporan Personil KP XVI-2002 yang melakukan pengamanan dan pemantauan bersama petugas Dinas Perhubungan Laut Namrole di Pos Pelabuhan Rakyat Namrole serta Personil KP XVI-3002 Teluk Ambon yang melakukan pengamanan di Pelabuhan Rakyat Dobo dan Pelabuhan Yos Sudarso Dobo terpantau aktivitas arus balik masih sangat padat dan ramai, baik dari maupun menuju Dobo.

Baca Juga: SMAN 11 Raih Juara II Pameran Inovasi dan Kreativitas

Sementara itu pada Pos Sandar Kobisadar, Kecamatan Seram Utara Timur, berdasarkan laporan personel KP XVI-2005, selain aktivitas penumpang arus balik yang masih terpantau ramai dan padat, juga aktivitas bongkar muat barangpun masih terpantau ramai, selain itu dari laporan Personel KP XVI-1008 yang bertugas pada Pos Pelabuhan ASDP Namlea dan Pelabuhan Merah Putih Namlea, juga terpantau hal yang sama seperti di pelabuhan-pelabuhan lainnya.

“Selain melakukan pengamanan dan pemantauan di sejumlah pelabuhan laut, Personel Ditpolairud Polda Maluku juga melakukan pengamanan di sejumlah tempat-tempat wisata, namun aktivitas ditempat wisata sudah mulai sepi dari pengunjung tidak seramai hari-hari sebelumnya,” ungkap Santoso.

Seluruh personel Dit Polairud Polda Maluku yang menempati pos-pos Ops Ketupat Salawaku 2023 menurut Santoso, selain melakukan pengamanan dan pemantauan  juga melaksanakan kegiatan Basudara Manise dengan memberikan himbauan dan pesan-pesan kamtibmas kepada warga masyarakat pengguna jasa transportasi laut.

“Kami ajak masyarakat agar sama-sama menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban, dengan tetap mematuhi semua aturan dalam penggunaan jasa transportasi laut,” himbau Santoso.(S-10)