MASOHI, Siwalimanews – Tim Gugus tugas penanganan dan penanggulangan Virus Corona,Civid -19, mulai melakukan langkah antisipatif dengan menyemprotkan disinfektan di sejumlah titik Kota Masohi, terutama pada lokasi ramai aktivitas warga.

Penyemprotan disinfektan n yang dimulai, Selasa (24/3), itu dipimpin langsung oleh Koordinator Penanganan Virus Corona Maluku Tengah (Malteng) Bob Rahmat didampingi Kapolres Malteng, Hendrik Purwono Dandim serta sejumlah anggota tim gugus tugas Covid-19 Malteng.

Pantauan Siwalima saat kegiatan penyemprotan disinfektan itu dilakukan dimulai dari lokasi kantor Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah, kemudian berlanjutnya di Jalan Abdullah Soulissa, Jalan Kapitan Pattimura,serta sejumlah titik kota lainnya.

Kepada wartawan usai kegiatan penyemprotan itu berlangsung, Ketua Tim Gugus Tugas Bob Rahmat menegaskan, penyemprotan disinfektan yang dilakukan pihaknya adalah wujud ata langkah antisipatif guna mencegah penyebaran virus mematikan itu.

“Saya kira ini adalah wujud dari upaya kita untuk mencegah penyebaran Covid -19 di wilayah kita. Mencegah lebih baik daripada terpapar baru kemudian diobati,” tandas Bob.

Baca Juga: Satbrimob Sterilkan Ambon dengan Cairan Disinfektan

Lebih jauh dia mengatakan, kegiatan penyemprotan disinfektan tidak hanya dilakukan di wilayah Kota Masohi saja,namun juga akan dilakukan hingga ke kecamatan.

“Kegiatan ini tidak hanya dilakukan di kota Masohi saja. Ini akan kita dorong hingga ke kecamatan,” tambahnya.

Kepala BPBD Malteng ini mengapresiasi dukungan pemerintah Kabupaten Malteng, dalam hal ini bupati serta dukungan aparat TNI-POLRI dalam mengupayakan langkah antisipatif untuk mencegah penyebaran virus Corona di wilayah Malteng.

“Kami apresiasi dukungan pak bupati, kapolres, Dandim serta serta semua  pihak lainnya. Bagi kami mencegah adalah langkah tepat dari pada harus  mengobati,”cetusnya.

Bob meminta warga Malteng untuk taat terhadap kebijakan pemerintah dalam melakukan lockdown sebagai bentuk dari upaya memutus mata rantai Covid -19.

“Masyarakat kami harapkan agar Patuh dan tunduk pada kebijakan pemerintah melakukan lockdown. Ini adalah salah satu strategi memutus mata rantai penyebaran virus Corona. Jadi ini harus dipahami.jangan sampai kemudian virus mematikan itu berkembang di wilayah kita,” pintanya.

Ditempat yang sama, Kapolres Malteng ,AKBP Hendrik Purwono menegaskan, pihaknya telah menerima maklumat Kapolri dalam upaya menangani masalah ini. sehingga akan bertindak tegas serta tidak akan mengeluarkan izin keramaian apapun kepada warga.

“Anda tinggal di rumah, kami akan bekerja dengan maksimal melayani masyarakat. Saya pastikan maklumat Kapolri sudah kami terima dan akan melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab. Jadi untuk sementara semua bentuk keramaian harus dihindari. kami tidak akan mengeluarkan izin keramaian kepada siapapun juga serta tidak segan-segan membubarkan kegiatan masal dalam bentuk apapun,” tandasnya.

Kapolres meminta, semua warga menghentikan aktivitas apapun dan mematuhi kebijakan lockdown, demi kepentingan semua orang agar penyebaran Covid -19 itu dapat dihentikan.(S-36)