DOBO, Siwalimanews – Memutus mata rantai penyebaran covid di kalangan masyarakat, Polres Aru akan membagikan ribuan masker secara gratis kepada masyarakat.

Kapolres Aru AKBP Sugeng menjelaskan, pembagian masker ini merupakan agenda Polda Maluku dan jajarannya dengan tujuan untuk menekan tingkat penyebaran Covid-19 di Maluku secara umum.

“Pembagian masker merupakan agenda Polda Maluku dan kegiatan ini akan dilakukan serentak di seluruh polres jajaran pada Kamis (4/2),” kata Sugeng kepada wartawan dalam kegiatan duduk Bacarita Kamtibmas bersama insan pers yang digelar di salah satu café di Kota Dobo, Rabu (3/2).

Sementara itu, Kabag Ops Polres Aru, AKP Florensius Teddy menambahkan, total masker yang akan dibagikan nanti kurang lebih 2.540 lembar.

Lima lokasi yang dijadikan tempat pembagian nanti yakni, di kawasan Pasar Jargaria, Pasar Timur, kemudian daerah Wara, Tugu Cenderawasih dan depan polres.

Baca Juga: Warga Kamiri Hilang Diterjang Ombak

“Kegiatan ini dimaksudkan agar memberikan pemahaman dan pengawasan penyebaran Covid-19 di Aru dapat ditekan,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan pengawasan protokol kesehatan terus ditingkatkan melalui patroli yustisi, guna memberikan kesadaran kepada masyarakat.

“Memang, untuk sanksi terhadap pelanggaran ini belum dapat kita laksanakan, karena hingga kini belum ada perda yang jadi dasar hukum dalam penegakan operasi yustisi terkait dengan sanksi,” ucapnya.

Walaupun demikian tambah Teddy, bukan berarti patroli protokol kesehatan menjadi kendor, namun akan ditingkatkan, sehingga dapat menekan laju penyebaran virus ini, sekaligus memberikan pemahaman kepada masyarakat di daerah ini. (S-25)