AMBON, Siwalimanews – Guna menunjang arus balik pasca Natal dan Tahun Baru, maka Kementerian Perhubungan kembali menyediakan kapal gratis.

Kepala Operasi Pelni Cabang Ambon Mohammad Assegaf kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (4/1) menjelaskan, saat ini dari pantauan Pelni telah terjadi kenaikan penumpang usai Natal dan Tahun Baru. Bahkan, kenaikan penumpang yang terjadi lebih banyak, jika dibandingkan dengan arus mudik.

“Untuk arus balik ini memang sudah terlihat kenaikan jumlah penumpang dari sebelum Natal dan Tahun Baru. Kalau untuk penambahan kapal kita masih normal, karena masih ada tambah dua kapal yakni KM Gunung Dempo dan Ciremai,” ujar Assegaf.

Untuk menunjang arus balik lanjut Assegaf, Kementerian Perhubungan saat ini kembali menyediakan fasilitas kapal gratis bagi masyarakat seperti yang dilakukan pada arus mudik di bulan Desember 2023 kemarin.

“Kementerian Perhubungan memang saat ini kembali melakukan program arus balik gratis yakni, untuk KM Ngapulu dengan rute Ambon – Tual (PP) pada tanggal 7 Januari dan sebaliknya,” jelas Assegaff.

Baca Juga: Bupati Akui Kuliner SBB Miliki Potensi Angkat Nama Daerah

Assegaf berharap, masyarakat dapat memanfaatkan program arus balik gratis tersebut, guna mengurangi ongkos perjalanan.(S-20)