AMBON, Siwalimanews – Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Provinsi Maluku, Anos Yermias mengingatkan Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) dan Balai Wilayah Sungai (BWS) untuk mengutamakan sinergitas dalam pembangunan infrastruktur.

Pasalnya, dari hasil pengawasan terhadap pembangunan yang dilakukan oleh kedua intansi vertikal Kementerian PUPR RI ternyata selama ini belum ada sinergitas yang baik.

Hal ini kata Anos tentunya sangat berdampak bagi pekerjaan pembangunan infrastruktur jalan maupun sungai di beberapa daerah di Maluku.

“Jadi memang yang kami sampaikan karena sering kali terjadi balai jalan bangun jalan tapi yang rusak air juga, misalnya terjadi di ruas jalan Laimu menuju Werinama,” ungkapnya kepada Siwalima, melalui telepon selulernya, Kamis (25/5).

Pada ruas jalan Laimu menuju Werinama ternyata mengalami kerusakan jalan akibat dari belum dilakukan penataan sungai padahal keduanya harus berjalan dengan baik.

Baca Juga: Puluhan Desa di Bursel Belum Memiliki Kades Definitif

Menurutnya, sinergitas dan koordinasi sangat penting dilakukan kedua institusi ini karena anggaran yang keluarkan untuk pembangunan infrastruktur jalan ini begitu besar tapi akhirnya rusak lagi.

“Makanya yang kami tekankan adalah sinergitas, kan balai dibawah Kementerian PUPR artinya dibawah satu kementerian tapi kenapa koordinasi tidak jalan. Kalau ini tidak dikoreksi maka nanti seperti ini terus dan kita yang rugi,” terangnya. (S-20)