AMBON, Siwalimanews – Calon Presiden nomor urut 01 Anies Rasyid Baswedan berjanji, akan menjadikan Kota Ambon sebagai kota industri perikanan, jika terpilih sebagai presiden.

Janji ini diungkapkan Anies dihadapan mahasiswa BEM se-Maluku, tokoh pemuda, perempuan dan LSM dalam diskusi “Desek Anies” yang berlangsung di Resort Baby Indah Beach, Desa Tial, Senin (15/1).

Provinsi Maluku menurut Anies, merupakan tempat yang sangat strategis sejak dahulu sebagai jalur rempah dan perikanan, sehingga menjadi daya tarik bagi bangsa lain.

“Indonesia ini sebagai sebuah negeri yang memiliki potensi luar biasa dan tidak boleh disamakan potensi dari satu tempat ke tempat lainnya, karena setiap tempat memiliki keunggulannya dan kekuatannya, begitu juga dengan kawasan Maluku dan Ambon,” ujar Anies.

Maluku kata Anies, memiliki potensi perikanan yang luar biasa yang harus dikelola dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat, termasuk merealisasikan Ambon New Port.

Baca Juga: Polisi Ciduk Pelaku Rudapaksa Anak Dibawah Umur

“Kita ingin menjadikan Ambon sebagai pusat industri perikanan, termasuk kedepannya Ambon New Port harus dapat diwujudkan, karena potensi perikanan yang luar biasa,” ucap Anies.

Anies menegaskan, selama ini pemerintah pusat menyebut Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional, tetapi selama ini tidak terealisasi dan kedepan harus direalisasikan.

Pasalnya, ia ingin memastikan, bahwa nelayan kecil akan tumbuh dan berkembang berbanding lurus dengan potensi perikanan.

“Kita ingin membesarkan yang kecil tanpa mengucilkan yang besar, penyediaan solar dengan baik untuk semua dan tidak kalah penting bantuan kredit ringan untuk para nelayan dan petani,” tandas Anies.(S-20)