AMBON, Siwalimanews – Angin kencang disertai hujan yang melanda Kota Ambon, Kamis (1/12) siang diakarenakan adanya gangguan cuaca.

Berdasarkan hasil analisis terakhir yang dilakukan pihak BMKG, Kota Ambon terpantau pertumbuhan awan yang disebut cumulonimbus yang terjadi mulai pukul 11.30 WIT di sebelah selatan dan barat daya Pulau Ambon.

“Kondisi ini yang menyebabkan terjadinya hujan secara tiba-tiba dengan intensitas sedang, hingga lebat disertai petir dan angin kencang,” jelas Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Pattimura Ambon, Wilhelmina Paays yang dikonfirmasi Siwalimanews, melalui telepon selulernya, Kamis 91/12).

Selain itu kata Paays, juga terjadi pertumbuhan awan konvektif (termasuk awan CB) yang disebabkan karena adanya pengumpulan massa udara di Maluku Bagian Tengah, serta kombinasi antara fenomena MJO dan gelombang ekuator yang sementara aktif di wilayah Maluku, sehingga memberikan kontribusi terhadap pembentukan awan-awan hujan, atau dikenal dengan sebutan awan-awan konvektif.

“Itu yang terjadi di wilayah Maluku dan Kota Ambon,” jelasnya. (S-25)

Baca Juga: Aktor Utama Bentrok di Malra Diserahkan ke Polisi