Kota Ambon kini dinyatakan masuk ke Zona Hijau dalam peta resiko penyebaran Covid-19 di Maluku. Dimana selama sebulan “penuh tidak ada kasus yang terkonfirmasi, dan tidak ada yang dirawat.“Dari 11 kabupaten/Kota di Provinsi Maluku, 9 masuk zona hijau sementara dua lainnya masih berada di zona kuning (Resiko Rendah) yakni Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Penerapan Pembatasan Pergerakan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dilakukan tim.satgas Pemerintah Kota Ambon ternyata berhasil menekan zona Kota Ambon dari merah ke orange dan selanjutnya ke Zona Hijau.

Upaya Pemkot Ambon ini patut diapresiasi. Kebijakan menekan angka penyebaran Covid-19 ini juga karena kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk mendukung program pemerintah baik berupa vaksinasi dan taati protokol kesehatan.

Disisi lain masuknya Kota Ambon ke Zona Hijau juga tidak terlepas dari kerjasama dari semua stakeholder dalam penanganan pandemi lewat kolaborasi sistem pentahelix, yakni pemerintah, pihak swasta, perguruan tinggi, civil society maupun media massa.

Meski Kota Ambon telah masuk dalam zona hijau tetapi Pemerintah Kota Ambon tidak boleh lengah, pengawasan harus diperketat apalagi munculnya kasus baru Omicron yang mulai menyalar di Indonesia. Jika tidak diantisipasi sejak dini maka dikhawatirkan akan muncul lagi.“Hal itu tidak bisa dihindari karena Ambon merupakan ibukota provinsi dengan mobilitas orang, baik masuk dan keluar sangat tinggi.

Baca Juga: Langkah Kritis Kader PDIP Maluku

Pemerintah Kota Ambon tidak boleh lengah. Sosialisasi untuk terus membangun kesadaran masyarakat agar tingkatkan protokol kesehatan harus terus dilakukan termasuk operasi justisi.“Progran vaksinasi harus terus digalakkan. target vaksinasi 100 persen harus dikejar untuk sasaran 305.978 jiwa masyarakat umum maupun anak – anak.“Pembelajaran Tatap Muka yang sudah berjalan baik pada sekolah SMP dan SMA harus tetap tingkatkan protokol kesehatan supaya Ambon tidak lagi kembali ke Zona Orange.

Pengawasan pada pintu-pintu masuk harus juga diperketat baik di Bandara Udara maupun pelabuhan-pelabuhan.“Hal lain yang juga yang membuat Pemkot Ambon lengah yakni, tingkat penggunaan masker, cuci tangan dan menjaga jarak sebagai salah satu ketentuan protokol kesehatan juga mulai minim“Kita berharap Kota Ambon Zona Hijau tidak membuat Pemkot lengah tetapi pengawasan terus ditingkatkan. (*)