AMBON, Siwalimanews – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menunjuk Kota Ambon sebagai lokasi malam puncak Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2023 pada November mendatang.

Guna mendukung kegiatan tersebut, Pemkot Ambon mengelar sejumlah kegiatan salah satunya Expo-Activity API Award 2023 yang berlokasi di Pattimura Park, Senin (30/10).

Walikota dalam sambutan yang dibacakan Asisten III Bidang Umum Sekot Ambon Robby Sapulette mengatakan Expo-Activity API Award 2023 yang digelar menampilkan hasil karya UMKM lokal

“Kami bangga bisa menjadi tuan rumah malam puncak API Award yang ke 8 tahun 2023 di Kota Ambon,” ujar walikota.

Malam puncak Anugerah Pesona Indonesia yang akan berlangsung di Ambon akan menampilkan para nominator dari berbagai daerah di seluruh Indonesia dalam 18 kategori.

Baca Juga: BKD Diingatkan Awasi Ketat Netralitas ASN

18 kategori penilaian API Award 2023 yakni kategori makanan tradisional, minuman tradisional, promosi pariwisata digital, brand pariwisata, destinasi belanja, cinderamata.

Selanjutnya olahraga dan petualangan, wisata air, ekowisata, dataran tinggi, kampung adat, situs sejarah, atraksi budaya, festival pariwisata, destinasi kreatif, destinasi unik, destinasi baru dan surga tersembunyi.

“Kami tentu berterima kasih kepada penyelenggara API, karena telah mempercayakan Ambon sebagai tuan rumah dalam ajang bergengsi ini,” kata walikota.

Dijelaskan, ajang ini telah dilaksanakan sejak 2016 dan telah mempromosikan ribuan destinasi wisata dan produk pariwisata dari nusantara.

Kota Ambon sendiri pernah menjuarai beberapa kategori, seperti di tahun 2020 sebagai juara II kategori brand pariwisata (Ambon city of music). Tahun 2021 juara III kategori atraksi budaya (sounds of green) dan tahun 2022  juara I kategori kampung adat (Hatu Rutui Negeri Rutong).

Lewat ajang ini, Pemkot Ambon diharapkan dapat mewujudkan perubahan yang lebih baik dalam rangka memajukan pariwisata.

“Terima kasih atas dedikasi, kerja sama dan kerja keras panitia malam puncak API beserta seluruh pihak yang terlibat. Semoga ajang ini dapat memberikan kesan baik,” ujarnya. (S-25)