AMBON, Siwalimanews – Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengungkapkan, Ambon termasuk kota toleran tertinggi dan menduduki pering­kat kelima.

Dalam penuturannya saat membuka kegiatan dialog Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Pemerintah Kota Ambon Tahun 2020, yang dilaksanakan, sabtu (14/3) di Hotel Santika.

“Ambon termasuk lima kota bertole­ransi tinggi, tetapi untuk kerukunan umat beragama Ambon ini nomor satu dari seluruh kota-kota yang ada ini,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan dialog ini sangat penting untuk membangun hubungan persaudaraan antara satu dengan yang lain, baginya siapa yang akan menjadi narasumber bukan menjadi hal penting tapi semangat menjadi penting dalam melaksanakan kegiatan dimaksud.

“Siapa yang menjadi narasumber tidak penting tapi semangat untuk kita ber­dialog, membicarakan bagaimana hubu­ngan persaudaraan dan kerukunan umat beragama,” katanya.

Baca Juga: Pemkot Izinkan Pembangunan Indomaret di Lahan Masjid An-Nur

Louhenapessy menegaskan, seluruh peserta bahwa dialog yang dilaksanakan ini penting untuk memahami komperatif perbedaan yang terjalin dengan yang lain.

“Saya mau tegaskan lagi dialog ini penting untuk memahami komperatif perbedaan yang terjalin dengan yang lain,” tegasnya.

Dia berharap, dialog ini mengalir dan mem­berikan spirit bagi kerukunan umat beragama. Louhenapessy juga berharap, agar dialog forum kerukunan ini dapat sampai ke tingkat nasional, karena FKUB ini barui sebatas kabupaten, kota dan provinsi. “Harapan saya agar dialog ini mengalir dan memberikan spirit bagi kerukunan umat beragama sebagai orang bersaudara. Terakhir ini forum sementara diupayakan oleh pemerintah kalau bisa dia ada pada posisi nasional, karena FKUB ini dia baru sebatas kabupaten, Kota, dan provinsi,” harapnya. (Mg-6)