AMBON, Siwalimanews – Kota Ambon terancam kembali ke zona merah. Saat ini skor zonasi tidak mengalami penurunan, melainkan terus naik dan nyaris berada pada posisi zona merah.

“Skoring zonasi Kota Ambon kembali memuncak setelah sebelumnya berada pada angka 1,87, saat ini telah menembus angka 2,09. Tetap saja, hal itu tidak dapat membuat Kota Ambon beranjak dari peta zonasi orange,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy, di Balai Kota Ambon, Rabu (27/1).

Menurutnya, untuk dapat keluar dari peta zonasi orage, Kota Ambon harus memenuhi, jumlah skoring sebesar 2,41 sampai dengan 3,0. Olehnya itu, Satgas Covid-19 Kota Ambon tetap gencar melaksanakan operasi yustisi untuk memperketat pelaksanaan protokol kesehatan (Prokes) di tengah masyarakat.

Pelupessy mengungkapkan, pihaknya telah melaksanakan prosedur 3T yakni testing, tracking, dan treatmen agar mata rantai penyebaran dapat terselesaikan dan cepat terdeteksi

“Dalam situasi pandemi seperti sekarang, kalau Satgas fokus di Operasi Yustisi, sementara kita fokus testing, tracking, dan treatment serta proses isolasi kita yakin virus ini akan kita putus mata rantainya sehingga tidak tersebar,” imbuh Pelupessy. (S-52)

Baca Juga: Terpapar Covid, Satu Warga Kota Ambon Kembali Meninggal