AMBON, Siwalimanews – Anggota Komisi III DPRD Provinsi Maluku, Fauzan Husni Alkatiri menilai pemda tidak tanggap dengan semua kebencanaan yang terjadi belakangan.

Penegasan ini diungkapkan langsung Alkatiri kepada wartawan saat melakukan peninjauan terhadap ambruknya rumah warga akibat longsor yang terjadi di RT 05/RW 06 Desa Hative Kecil, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Selasa (6/7).

“Kondisi yang ada di RT 05/06 Desa Hative Kecil ini telah disampaikan kepada pemda tetapi belum ada tindakan apapun dan mesti ada penanganan sebelum terjadi musibah tetapi hari ini kita ikut prihatin dengan kejadian bencana ini,” ungkap Alkatiri.

Dalam beberapa kesempatan kata Alkatiri, DPRD Maluku telah memberitahukan kepada mitra terkait, baik  Dinas PUPR, Dinas Pemukiman dan BPBD agar dalam situasi cuaca ekstrim yang kemungkinan terjadi bencana cukup besar mestinya pemda lebih memberikan perhatian khusus kepada masyarakat.

“Artinya bahwa, pola pikir pemda harus sama, yaitu keselamatan masyarakat adalah yang utama, sebab percuma pemda berbicara tentang kepedulian kepada masyarakat, namun kemudian hal-hal sepele tidak diperhatikan dan diabaikan,” ucapnya.

Baca Juga: Disperindag Janji Fungsikan Pasar Kecematan

Salah satu hal mestinya yang diperhatikan pemerintah menurut Alkatiri, yakni melakukan penataan terhadap kawasan dan daerah-daerah rawan bencana yang dianggap penting, sebab jika perhatian tersebut diberikan, maka bencana ini tidak akan berdampak parah seperti ini.

Politisi PKS ini menegaskan, dengan penataan kawasan pemukiman maupun bangunan pendukung yang baik, maka potensi korban ketika bencana itu terjadi mampu ditekan.

“Kita berharap pemda lebih responsif terhadap semua potensi bencana agar tidak menimbulkan hal-hal yang tak diinginkan,” harapnya. (S-50)