SAUMLAKI, Siwalimanews –  Pangkalan TNI AL Saumlaki kembali melaksanakan serbuan vaksinasi bagi masyarakat maritim, kali ini kegiatan tersebut dipusatkan di Pelabuhan Perikanan Ukularan Saumlaki di Desa Lauran, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Sabtu (17/7).

Kegiatan vaksinasi ini merupakan perintah langsung Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, kepada seluruh jajaran TNI AL untuk mensukseskan program pemerintah yaitu Serbuan Vaksinasi 1  juta orang perhari kepada seluruh lapisan masyarakat di seluruh Indonesia.

Menyikapi hal tersebut Danlanal Saumlaki Letkol Laut (P) Ridwan Rizky Musa, memerintahkan jajaran dibawahnya untuk terus-menerus menggalakan kegiatan pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah masing-masing seperti serbuan vaksinasi, sosialisi protokol kesehatan serta kegiatan lainnya untuk memutus mata rantai guna mencegah penyebaran Covid 19 di masyarakat.

Dengan menggandeng tim vaksinator dari Dinas Kesehatan KKT dan Balai Kesehatan dari Satrad 245 /Saumlaki, serbuan Vaksin yang diadakan Lanal Saumlaki masih menyisir dikalangan warga di desa – desa pesisir, pelabuhan ataupun tempat pelelangan ikan, dengan Ketua Tim Vaksinator Pgs Kepala Balai Pengobatan Lanal Saumlaki Letda Laut (K) dr Dipta Bagus Yudha Pratama dibantu personel Lanal Saumlaki serta pengurus Jalasenastri Cab 3 Korcab IX DJA III.

Seperti kegiatan serbuan vaksin yang lalu, kali inipun Danlanal Saumlaki memantau langsung dilapangan  pelaksanaan kegiatan serbuan vaksinasi yang diikuti 80 peserta dengan menggunakan vaksin jenis Sinovac.

Baca Juga: Jaksa Tuntut Ferry Tanaya 10,6 Tahun Penjara

Sebelum dilaksanakan Vaksin terhadap masyarakat dilaksanakan swab antigen, setelah didapatkan hasil negatif peserta menuju loket pendaftaran, pemeriksaan suhu tuguh dan tekanan darah, screening data kesehatan sesuai dengan standar Kemenkes RI, setelah tidak ditemukan masalah, penerima vaksin diberikan vaksin dan observasi pasca pemberian vaksin kemudian diberikan sertifikat atau kartu vaksin.

“Mengingat penyebaran Covid-19 ini lebih cepat dan terus menyebar di seluruh daerah, maka serbuan vaksinasi Covid-19 akan terus kita lakukan guna memutus penyebaran Covid-19, dan  bagi masyarakat yang sudah menerima vaksin, tetap menjaga kebersihan dan menerapkan prokes 5M seperti, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas, sehingga pergerakan dan penyebaran Covid 19 dapat dieleminir,” himbau Danlanal.

Danlanal juga berharap, masyarakat yang belum melaksanakan vaksin agar segera mengikuti kegiatan vaksinasi yang diprogramkan oleh pemerintah, guna memutus mata rantai penyebaran Covid -19 untuk menuju Indonesia sehat dan bebas Covid-19. (S-45)