AMBON, Siwalimanews – Menyongsong HUT XXIV, maka Kodam XVI Pattimura  menyelenggarakan aksi donor darah. Aksi sosial ini digelar usai ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan, Kapahaha, Kamis (11/5).

Aksi donor darah tersebut dipusatkan di Rumah Sakit Tentara TK II dr JA Latumeten dengan menggandeng tim PMI unit transfusi Kota Ambon. sementara para pendonor terdiri dari prajurit, persit dan PNS serta mahasiswa Stikes dr JA Latumeten Ambon.

Kapendam XVI Pattimura Kolonel Arh Adi Prayogo yang saat itu turut hadir menyumbangkan darahnya menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu wujud kontribusi TNI dalam aksi kemanusiaan.

“Hari ini Kodam Pattimura dalam rangka HUT ke-24  mengisi kegiatan dengan aksi sosial donor darah yang berkerjasama dengan PMI Kota Ambon. Animonya lumayan banyak, semoga kontribusi ini nantinya dapat memberikan manfaat,” ujar Kapendam.

Kapendam mengaku, dalam pelaksanaan aksi sosial ini calon pendonor harus melalui proses asesmen medis yang ketat. Pasalnya tidak semua orang dapat mendonorkan darahnya, tergantung pada kelayakan atau kondisi fisik kesehatan masing-masing.

Baca Juga: Pemkot dan BPS Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral

“Sebelumnya calon pendonor harus mengisi form data diri yang telah disediakan, selanjutnya menjalani cek kesehatan fisik oleh petugas yang akan melakukan pemeriksaan tekanan darah, suhu tubuh dan tingkat hemoglobin sebelum pengambilan darah,”tandasnya.

Selain aksi sosial donor darah kata Kapendam, berguna untuk kesehatan tubuh pendonor, sebab dengan menjadi pendonor secara teratur adalah langkah sederhana yang dapat dilakukan setiap orang untuk memperkuat solidaritas, mendukung sistem kesehatan setempat, dan menyelamatkan nyawa orang lain.

“dalam aksi ini sekurangnya terdapat 100 kantong darah berhasil tersalurkan untuk kebutuhan stok darah bagi warga Kota Ambon. (S-10)