AMBON, Siwalimanews – Setelah melalui perjuangan panjang, maka Maluku secara resmi ditetapkan menjadi embarkasi haji antara.

Dengan ditetapkan Maluku sebagai embarkasi antara, maka dipastikan pada musim haji tahun  ini, seluruh jama’ah calon haji asal Maluku akan diberangkatkan langsung dari Ambon menuju Mekkah dan tak lagi melakukan embarkasi di Makassar.

“Dengan berbagai persiapan yang cukup lama, akhirnya Kanwil Kemenag Maluku untuk musim haji 1445 Hijriyah/2024 Masehi akan melakukan pelayanan perdana embarkasi haji antara kepada

1.086 JCH Maluku,” ungkap Kabid Pelaksana Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Maluku, Jumady Wally kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (6/2).

Wally mengaku, pasca ditetapkan sebagai embarkasi haji antara, maka JCH nantinya akan berangkat menggunakan maskapai carteran dari Bandara Pattimura menuju Bandara Hasanudin untuk transit dan langsung diterbangkan menuju Jedah, Arab Saudi.

Baca Juga: Agustus, KPU Tetapkan Pendaftaran Calkada Dimulai

Wally menegaskan, adanya embarkasi haji antara di Maluku mempermudah dari aspek biaya, sebab

JCH Maluku tidak lagi menginap di Asrama Haji Sudiang-Makassar yang tentunya memakan biaya tambahan.

“Nantinya jemaah dari Bandara Pattimura, transitnya di Bandara Hasanudin dan tidak lagi nginap di asrama, tapi langsung dengan pesawat yang menuju Arab Saudi,” jelasnya.

Kanwil Kemenag Maluku kata Wally, telah berkoordinasi dengan pihak Angkasa Pura, Bea Cukai, Imigrasi, Kesehatan Pelabuhan dan Dinas Perhubungan, maupun instansi lain yang terlibat langsung dengan layanan haji.

“Guna mensukseskan embarkasi haji antara, maka kami juga telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, termasuk pemeritah provinsi lewat layanan surat, dengan harapan mendapat respon baik dari gubernur,” ucapnya.(S-20)