MASOHI, Siwalimanews – Bupati Maluku Tengah (Malteng) Tuasikal Abua memberikan apresiasi positif saat membuka kegiatan Rapat Lanjutan Koordinasi Penyelenggaraan Gugus Tugas Reforma Agraria Kabupaten Malteng di Baileo Soekarno Masohi, Rabu (12/8).

“Secara pribadi dan mewakili pemerintah Kabupaten Maluku Tengah, saya mengapresiasi dan menyambut baik terselenggaranya kegiatan rapat lanjutan penyele­nggaraan gugus tugas reforma agraria disaat ini dalam rangka membangun kesepahaman dan kesepakatan bersama guna mendo­rong arah reforma agraria untuk pemanfaatan seluas luasnya  bagi kemakmuran masyarakat,” ungkap bupati.

Dikatakan, rapat lanjutan penyelenggaraan gugus tugas reforma agraria memiliki tujuan yang sangat baik dan strategis sebab melaluinya akan terbentuk wadah koordinasi guna mendo­rong arah dan tujuan reforma agraria demi kemakmuran rakyat.

“Sebagaimana kita ketahui, reforma agraria merupakan salah satu cita-cita pemerintah yang perlu mendapat dukungan penuh dari semua pemangku kepentingan baik pusat maupun daerah, karena melaluinya akan terbentuk suatu integrasi dan sinergitas yang tujuannya adalah untuk mewujudkan tujuan dari reforma agraria itu sendiri,” jelasnya.

Sejalan dengan itu, lanjut Bupati, dalam rangka menuju era tatanan kebiasaan baru meng­hadapi tantangan pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Mal­-teng akan memberikan dukungan dalam upaya mendorong reforma agraria di Malteng.

Baca Juga: Kepala Zona Maritim Timur Kunjungi Lantamal IX

“Menuju era kebiasaan baru sebagai dampak dari upaya menghadapi Pandemi Covid-19,maka berkaitan dengan itu kegiatan reforma agraria itu perlu kita dorong dan dilaksanakan di daerah Malteng. Sebab reforma agraria sesungguhnya akan berhasil salah satunya dengan peran dan dukungan pemerintah daerah serta sinergitas nyata semua pemangku kepentingan dan pelaksanaan reforma agraria,” katanya.

Abua meminta agar melalui forum rapat serta penandatanga­nan nota kesepahaman antara pelaksanaan reforma agraria dengan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah mengenai arah dan kebijakan reforma agraria, serta peningkatan kapasitas pelaksanaan reforma agraria di daerah berjuluk Pamahanu-Nusa itu dapat mendorong upaya percepatan pelaksanaan reforma agraria di daerah kabupaten tertua di Maluku itu.

“Melalui kegiatan ini pula saya mengajak kita semua untuk selalu bekerja sama bergandengan tangan bahu membahu serta terus mengembangkan semangat kebersamaan dalam pembangunan, melayani masyarakat dengan tulus dengan penuh keikhlasan sesuai dengan tugas dan fungsi kota semua masing-masing agar dengannya kita dapat mewujudkan Maluku Tengah yang lebih maju sejahtera berkeadilan dalam bingkai semangat hidup orang basudara,” cetusnya. (S-36)