MASOHI, Siwalimanews – Sebanyak 615 warga di Kabupaten Maluku Tengah, mengikuti vaksinasi massal yang berlangsung di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Malteng, di Kota Masohi, Jumat (24/6).

Kegiatan yang dibuka Kajati Maluku Undang Mugopal itu, capaian vaksinasi ditaksir yang tertinggi di provinsi ini. Kegiatan yang disertai bakti sosial ini adalah bagian dari wujud partisipasi Korps Adhiyaksa untuk mendukung pencapaian target vaksinasi di Provinsi seribu pulau.

“Syukur Alhamdulillah dalam sehari saja telah divaksin 500 sampai dengan 600 orang. Tentu ini adalah angka yang sangat tinggi. Karenanya kesadaran warga masyarakat Malteng untuk bersama-sama melawan penyebaran virus Corona patut diapresiasi,” tandas Kajati kepada wartawan di sela-sela kegiatan tersebut.

Dijelaskan, vaksinasi massal yang diramu dengan kegiatan bakti sosial, itu adalah wujud dari program Adhiyaksa Kejati Maluku Peduli Sehat dan Bahagia. Dimana program ini akan digelar pada semua kejaksaan negeri yang ada di Maluku.

“Ini adalah wujud dari realisasi program Adhiyaksa Kejati Maluku Peduli Sehat dan Bahagia. Hari ini kita gelar di Malteng dan akan digelar selanjutnya di seluruh kejari yang ada di Maluku,” ucapnya.

Baca Juga: Management Bank Maluku Malut Akui Lalai

Ia berharap, vaksinasi massal yang digelar Kejati Maluku yang akan dilaksanakan di seluruh daerah ini dapat mendorong tingkat capaian vakasinasi masyarakat yang ada di provinsi ini.

“Sampai saat ini target capaian vakasinasi di Maluku baru mencapai 23 persen. Olehnya dengan tingginya capaian vakasinasi yang kita gelar hari ini, mudah-mudahan dapat pula dicapai di wilayah kejari lainnya di Maluku,” harapnya.

Selain membuka vaksinasi massal dan bakti sosial, Kajati Undang Mugopal juga menghadiri peresmian nama Jalan Jaksa Agung R Soeprapto serta pesermian gedung sekertariat IAD Maluku Tengah.

Ditempat yang sama Bupati Malteng Tuasikal Abua menambahkan, kunker Kajati Maluku serta langkah kegiatan vaksinasi massal  serta baksos di lingkungan Pemkab Maluku Tengah patut diberi apresiasi.

“Kegiatan ini sangat baik dan penting bagi kami dalam mempercepat proses vakasinasi masyarakat di wilayah kita. Sebagai pemerintah serta mewakili seluruh unsur masyarakat kami mengapresiasinya dan menyambut kunjungan Pak Kajati Maluku di bumi Pamahanu-Nusa,” ucap Bupati

Bupati juga berjanji, pemerintah dan masyarakat Malteng akan terus mendukung kegiatan  positif  yang dilaksanakan pihak kejaksaan.

Sementara itu Kajari Malteng, A O Mangontan memberikan apresiasi atas dukungan dan partisipasi seluruh unsur masyarakat, terutama para Raja atau Kepala Pemerintah Negeri untuk mendorong masyarakat guna mengikuti vakasinasi massal dimaksud.

“Tentu kegiatan ini tidak tercipta begitu saja. Tanpa dukungan semua elemen masyarakat, pemda, para Kepala Pemerintah Negeri yang telah mendorong masyarakat untuk mengikuti vakasinasi massal saat ini,” ucapnya.

Kajari berharap, kasadaran dan dukungan itu terus ditumbuhkan agar pada kesempatan lain, proses vakasinasi dapat pula diikuti demi menunjang upaya pemerintah untuk menekan penyebaran virus corona serta program pembangunan lainnya.

Untuk diketahui capaian vakasinasi massal yang digelar Kejati Maluku di Kota Masohi tidak hanya diikuti oleh 615 warga ini berasal dari, sejumlah desa di Kecamatan Tehoru, Kecamatan TNS dan Kota Masohi. Bahkan mereka yang divaksin ini bukan saja orang dewasa, namun juga terdapat kurang lebih 200 peserta vaksin yang berumur 12 hingga 17 tahun. (S-36)