AMBON, Siwalimanews – Polda Maluku memperingati HUT Lalulintas ke-66 yang jatuh pada, 22 September. Peringatan HUT di tengah pandemi Covid-19 diselenggarakan secara sederhana, di Rupatama Mapolda Maluku, Kamis (23/9) kemarin.

Kapolda Maluku Irjen Refdi Andri pada acara syukuran itu, berharap dengan bertambahnya usia lalulintas Polri, kiranya menjadi motivasi Ditlantas Polda Maluku untuk mendorong kinerja personel lalulintas ke arah perbaikan.

“Dorong kinerja kita, buat semangat anak buah kita, dengan mitra terkait, kawan atau semua yang ada di pemerintah daerah, maupun pihak-pihak terkait lainnya,” pinta Kapolda.

Sebagai perwira tinggi Polri yang pernah menjabat Kakorlantas, Kapolda minta lalulintas dapat membangun komunikasi dengan semua elemen masyarakat, termasuk para pengemudi, untuk kepentingan dan tertibnya administrasi bidang lalulintas.

“Jadikan kota ini yang tertib untuk pergerakan kendaraan walaupun kita dihadapkan dengan segala keterbatasan sarana dan prasarana jalan, markanya hampir tidak jelas, lampu penerang tidak ada, rambu tidak memadai, tetapi bagaimana kita mewujudkan untuk membuat jalan yang aman tertib lancar,” kata Kapolda.

Baca Juga: 615 Warga Ikut Vaksinasi Massal di Kejari Malteng

Mencapai hal tersebut maka, Kapolda meminta peran aktif personel dalam melakukan pembenahan, baik terhadap rambu, marka jalan, penerang jalan.

“Apapun soal kenyamanan lalulintas kita benahi. Mungkin kita tidak bisa menebar jala tetapi kita bisa membuat orang yang melintasi jalan itu menjadi tertib, menjadi tidak melanggar, tidak parkir sembarangan, tidak dengan kecepatan yang seenaknya,” tandas Kaploda

Jenderal Bintang Dua ini menginstruksikan agar Ditlantas Polda terus Lakukanlah evaluasi dari waktu ke waktu untuk kemajuan kinerja dan pelayanan masyarakat yang lebih baik kedepan

Sebelumnya Direktur Lalulintas Polda Maluku Kombes Agus Krisdiyanto dalam laporannya menjelaskan, HUT Lalulintas tahun ini mengusung tema Polisi Lalu lintas Yang Presisi Tangguh dan Tumbuh Di era Kenormalan Baru, sebagai penjabaran dari program Polri, khususnya untuk mewujudkan Polri yang presisi dan transparansi berkeadilan.

“Kebutuhan masyarakat yang mengharapkan layanan dengan berbagai kecanggihan, maka Kita terus berbenah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya.

Bentuk pelayanan ke masyarakat saat ini kata Dirlantas, terus dikembangkan yang mengacu pada pelayanan berbasis teknologi.

“Tentang lalulintas dan angkutan jalan, kami mempunyai tugas dan tanggung jawab, berikut keamanan keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas, meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat kecelakaan lalulintas,” tandasnya. (S-45)