BULA, Siwalimanews – Sebanyak 57 Pendidikan Anak Usia Dini di 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Seram Bagian Timur beralih status dari swasta ke negeri.

Dari puluhan PAUD yang beralih status diantaranya PAUD Permata Iman, TK Negeri Kotalalan, TK Negeri Sulubay dan lain sebagainya.

Pelaksanaan tugas Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga SBT Sidik Rumalowak menjelaskan, proses alih status telah disetujui pemerintah pusat.

“Kalau sudah status negeri berarti dia sudah bisa memperoleh bantuan operasional PAUD atau TK secara efektif,” jelas Rumalowak kepada Siwalimanews di Bula, Kamis (21/3).

Selain itu kata Rumalowak, agar sistem pengelolaan dapodik bisa dengan baik untuk bisa di dorong agar mendapatkan sarana dan prasarana yang juga bisa bersumber dari DAK.

Baca Juga: Dewan Awasi Ketat Realisasi Program APBD 2023

Sementara berkaitan dengan kebutuhan analis jabatan dan beban kerja untuk para guru PAUD, kedepannya agar bisa mendapatkan kesepakatan mengikuti seleksi PPPK maupun yang lainnya.

“Dengan status swasta sekitar hampir mendekati 200 an PAUD, namun yang sedikit sudah memenuhi syarat untuk beralih satus ini ada 57 PAUD,” bebernya.

Menurut Rumalowak, rata-rata di verval melalui persyaratan yang pertama adalah, jumlah siswa tersedia dan bangunan PAUD juga sudah ada di 57 desa dan sudah mendapatkan NPSN swastanya.

“Ini yang kami lakukan, sehingga alhamdulilah pemerintah pusat secara cepat untuk merespon pengusulan pengalihan status kami dari swasta ke negeri.(S-27)