AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 23 Sekolah Menengah Atas (SMA) di Ibukota Provinsi Maluku, mencalonkan 46 siswa untuk mengikuti seleksi Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2021 tingkat Kota Ambon.

Seleksi ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Ambon, melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), yang berlokasi di SMK PGRI Provinsi Maluku, pada Kamis (22/4).

Kadispora Ambon, Richard Luhukay yang merupakan promotor kegiatan dimaksud mengunkapkan. Seleksi ini dilakukan berdasarkan, pada surat edaran (SE) Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Nomor surat PP 00.00/4.9.1/E-Ii.1/IV/2020.

“Pelaksanaan tahun kemarin tidak dilaksanakan karena pandemi covid-19. Namun tahun ini dilaksanakan karena merujuk pada surat dari Kemenpora untuk seleksi paskibraka di Maluku,” ungkapnya, kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Kamis (22/4).

Seleksi tersebut bertujuan untuk mencari calon Paskibraka yang nanti ya akan melaksanakan tugas pengibaran bendera pada saat memperingati HUT RU ke-76.

Baca Juga: IKAPATTI Berperan Tingkatkan Kualitas dan Daya Saing

“Ini untuk persiapan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 2021 mendatang,” beber Luhukay.

Dirinya berharap partisipasi seluruh sekolah, baik SMA, SMK, juga MA yang berada di Kota Ambon, untuk mengirimkan masing-masing 2 orang siswa berpotensi agar turut berpartisipasi.

“Kami menyurat ke sekolah-sekolah untuk melakukan seleksi, dan pihak sekolah sudah melakukan dan sudah mengusulkan, proses seleksi sesuai protokol kesehatan dilakukan, pelaksanaan seleksi selama 2 hari,” harapnya. (S-52)