AMBON, Siwalimanews – walaupun virus corona yang melanda dunia termasuk Maluku, namun tidak menyurutkan semangat para atlet teakwondo asal daerah ini untuk mengukir prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Pada kejuaraan nasional bertajuk Krakatau Poomsae Championship 28-29 November, dua atlet PPLP Maluku yang diturunkan masing-masing Rio dan Patrick berhasil meraih medali, dimana Rio berhasil menyabet medali emas sementara patrik medali perak.

Sementara pada kejuaran dunia bertajuk Indonesia Chookmokwan Poomsae yang digelar secara virtual diikuti oleh 20 negara dari Asia, eropa dan USA, serta Amarika Latin, empat atlet PPLP Maluku yang diturunkan, kembali berhasil masuk babak final, dan merebut medali perunggu.

“Jadi ini prestasi yang bisa kita banggakan dari atlet Maluku ditengah pandemi mereka tetap berprestasi, walaupun kejuaraan ini digelar secara virtual,” ungkap Kadis Pemuda dan Olahraga Maluku Sandi Wattimena kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Kamis (3/12).

Menurutnya, untuk kejuaraan taekwondo poomsae tingkat internasional ini diikuti oleh empat orang, dimana dua atlet putra (Rio/Patrick) dan dua atlet putri (Riska Nusamara dan Dorce Matitaputty)

Baca Juga: Pattimukay Minta KONI Kota Perhatikan Atlet Teakwondo

“Kejuaraan ini dilakukan virtual, dimana mereka merekam semua gerakan/jurus kemudian videonya dikirim ke panitia kemudian dinilai oleh wasit yang berasal dari 6 negara dan ternyata kita berhasil meraih juara III poomsae tingkat internasional,” jelas Wattimena.

Dengan prestasi yang diraih oleh atlet muda Maluku ini, baik di tingkat nasional maupun tingkat  internasional, maka ini perlu menjadi motivasi bagi cabang olahraga yang lain di PPLP.

“Jadi bisa dibilang cukup berbangga, karena ditingkat internasional ternyata anak-anak PPLP bisa berprestasi dengan baik. Ini bisa jadi motivasi bagi cabor lain untuk berprestasi juga,” ucap Wattimena.

Dikatakan, semua cabang olahraga diminta untuk tetap berlatih, karena sebentar lagi akan ada kejuaraan bergengsi yakni PON XX yang akan berlangsung di Papua.

Selain itu juga ada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) yang akan berlangsung tahun depan di Sumatera Selatan dan Bangka Belitung.

“Kedepan harus kita programkan dengan baik agar para atlet kita bisa berprestasi terutama PON maupun pertandingan lain karena di tahun depan ada POPNAS di Palembang dan Bangka Belitung,” pungkasnya. (S-39)