Penghuni Lapas Peringati Isra Miraj

AMBON, Siwalimanews – Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas IIA Ambon memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1443 H yang dipusatkan di Masjid At-Taubah, Rabu (9/3).

Kepala Divisi Pemasyarakatan Maluku, Saiful Sahri dalam sambutannya berharap melalui acara ini seluruh hadirin dapat mencermati dan meresapi esensi ceramah yang disampaikan ustaz dan dimaknai dengan baik.

“Mari kita ambil hikmah dari peristiwa Isra Miraj Muhammad SAW karena banyak pelajaran yang bisa kita petik dan amalkan,” ajaknya.

Sementara itu, Ustaz Syamsudin dalam ceramahnya mengingatkan yang perlu diperhatikan dalam peristiwa Isra Mikraj adalah merenungi redaksi Illahiyah mengenai perjalanan tersebut yang dimulai dengan kata “subhana” karena setiap ayat yang diawali dengan kata “subhana” mengandung pesan sesuatu yang tidak bisa dicerna akal, tapi harus dipahami dengan keyakinan.

Baca Juga: Produksi Beras Capai 5,70 Ribu Ton di Januari

”Begitu spesialnya kejadian ini, Allah SWT sendiri memuji diri-Nya dengan ucapan ‘subhana’.

Barangkali inilah salah satu bukti bahwa Allah adalah maha dari segala maha. Maha tanpa batasan ruang, waktu, bahkan massa,” urainya.

Lebih lanjut, Ustaz Syamsudin menjelaskan Isra Mikraj merupakan kejadian penting bagi umat Islam.

“Peristiwa Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW menuntut kita selalu bertanggung jawab dan disiplin dalam menjalankan ibadah kepada Sang Khaliq, khususnya mendirikan ibadah salat lima waktu yang sudah ditentukan waktunya, tidak boleh ditinggalkan, hukumnya wajib,” tutupnya. (S-21)