AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 305 Personel Polda Maluku akan mengikuti sekolah inspektur polisi (SIP) tahun 2022.

Dalam seleksi ini, terdapat sejumlah posisi penting yang akan diisi, seperti seleksi BKO Densus 88 Mabes Polri yang juga diikuti 3 personel Polda Maluku.

Pelaksanaan SIP 2022 ditandai dengan pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas yang dipimpin Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif, di Rupatama Polda Maluku, Selasa (25/1).

Kapolda dalam arahannya, minta kepada anggotanya yang akan mengikuti SIP untuk menghindari praktik KKN dalam seluruh rangkaian seleksi nanti.

Pasalnya, sebagai anggota Polri, dalam melaksanakan amanah, baik sebagai panitia seleksi maupun sebagai peserta, jangan pernah mencoba melakukan penyimpangan.

Baca Juga: DPRD Dukung Tol Laut Masuk SBB

“Lakukan pekerjaan dengan benar, jujur dan objektif serta tidak melakukan KKN dengan cara menggunakan sponsorship yang berarti melanggar pakta integritas ini,” tandas Kapolda.

Penandatanganan pakta integritas antara peserta dan panitia, kata Kapolda, perlu dilaksanakan bersama untuk membangun sistem, dan mekanisme seleksi yang bersih, transparan, akuntabel humanis clear and clean.

Menurutnya, semua itu diselenggarakan, agar bisa menghasilkan anggota yang unggul dan kompetitif dan dapat dipercaya, sekaligus untuk mempersiapkan kebutuhan SDM Polri.

“Panitia dan peserta seleksi yang telah diambil sumpah agar memegang teguh komitmen bersih, transparan, akuntabel, humanis, clear and clean dan senantiasa selalu menjaga integritas sebagai anggota Polri, hilangkan dan cegah sedini mungkin adanya anggapan negatif yang beredar di internal polri, maupun masyarakat tentang tahapan seleksi,” pinta Kapolda.

Kapolda juga minta, untuk dilakukan sinergitas kolaborasi dan komunikasi yang baik antara panitia dan pengawas, dalam penyelenggaraan SIP angkatan ke 51. Ini dilakukan agar tahapan seleksi dapat berjalan dengan baik sesuai harapan. (S-45)