NAMROLE, Siwalimanews – Sebanyak 3.440 dosis vaksin Sinovac yang merupakan pesanan dari Pemkab Bursel, Jumat (24/9), telah tiba di Namrole.

Kepala Dinas adis Kesehatan Bursel Ibrahim Banda menjelaskan, ribuan vaksin ini akan diperuntukan bagi masyarakat yang belum divaksin maupun yang sudah menjalani vaksin tahap pertama maupun kedua nanti.

“3.440 vaksin Sinovac yang tiba di Bursel hari ini melalui jalur laut, dibawa menggunakan kapal Elisabeth,” ucap Banda kepada wartawan di Namrole, sesaat setelah vaksin tersebut tiba.

Selain diperuntukan bagi masyarakat Bursel kata Banda, vaksin ini juga akan digunakan dalam kegiatan vaksin massal di tiga kecamatan yang dipelopori oleh Polres Pulau Buru.

“Jadi vaksin ini untuk masyarakat Bursel, untuk semua. Banyak yang kita datangkan, karena ada kegiatan vaksin massal di kecamatan Namrole, Waesama dan Leksula. Yang mana kegiatan vaksin massal ini dipelopori oleh Polres Buru,” tutur Banda.

Baca Juga: Polda dan Kejati Maluku Bahas Sistim Peradilan Pidana

Menurutnya, kegiatan vaksin massal tersebut akan berlangsung selama tiga hari yakni dari 27 sampai 29  September. Selain pemda, nakes dan Polres, dalam vaksin massal ini, turut melibatkan pihak KNPI Bursel.

Untuk itu, Ia menghimbau kepada semua masyarakat Bursel yang belum divaksin maupun yang sudah menjalani vaksin tahap satu, agar bisa mengikuti vaksin lanjutan yang digelar selama tiga hari di tiga kecamatan tersebut.

“Bagi anak-anak usia 12 tahun sampai lansia yang belum vaksin maupun yang baru vaksin dosis satu bisa datang saja untuk mengikuti vaksin lanjutan yang di gelar selama tiga hari nanti. Tidak perlu takut dan terpengaruh dengan informasi – informasi sesat yang banyak beredar. Vaksin aman dan halal,” tandasnya.

Untuk diketahui, terhitung sejak 6 Februari sampai 20 September 2021 Pukul 18.00 WIT, jumlah masyarakat Bursel yang telah mendapatkan vaksin baik dosis satu, dua maupun dosis tiga sudah mencapai 9.534 jiwa. (S-35)