AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 25 pejabat di lingkup Pemerintah Kota Ambon mengikuti seleksi lelang Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama yang berlang­sung di Hotel Manise, Senin (5/2).

Asisten III Sekot Ambon, Robby Sapulette, dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut me­ngatakan, proses ini mempunyai nilai positif sebab dilakukan oleh Panitia Seleksi (Pansel) daerah, yang punya pengalaman dengan inte­lektual yang tinggi dipandu dengan asesor yang kapabel, sehingga hasilnya tidak diragukan lagi.

“Pemkot Ambon membuka ruang untuk pejabat administrator dapat berkompetisi untuk mengisi dan menduduki JPT Pratama bila memenuhi syarat administrasi, kompetensi, bahkan tak kalah penting mempunyai prestasi, serta jujur dalam melaksanakan tugas,” tambahnya.

Hasil seleksi ini, katanya, akan disampaikan kepada Badan Ke­pegawaian Negara (BKN) guna diberikan pertimbangan teknis yang akhirnya akan diterbitkan surat pelantikan.

Khusus hasil uji kompetensi Jabatan Kepala Dinas Kepen­dudukan dan Pencatatan Sipil, yang hampir 15 Tahun lamanya diisi oleh Pelaksana Tugas, kata dia, akan sedikit berbeda dengan JPT lainnya, sebab akan disampaikan ke Kemen­terian Dalam Negeri Cq Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil guna mendapatkan persetujuan/rekomendasi.

“Rekomendasi ini akan disam­paikan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan kemudian Dirjen mengeluarkan pertimbangan teknis untuk selanjutnya dilantik,” tan­dasnya.

Adapun jabatan-jabatan yang dilelang yakni Staf Ahli Walikota Bidang Pemerintahan dan Pelayanan Publik, Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesejah­teraan Rakyat, Staf Ahli Walikota Bidang Politik, Hukum dan Aparatur, Asisten Pemerintahan dan Kesejah­teraan Rakyat, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Kepala Badan Kesa­tuan Bangsa dan Politik, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan serta Kepala Dinas Pe­nanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. (S-29)