AMBON, Siwalimanews – 22 hari menjelang pelaksanaan pemilihan umum serentak 2024, KPU Kota Ambon mulai menyusun agenda pendestribusian kotak suara dan logistik ke setiap desa dan kelurahan.

Ketua KPU Kota Ambon Muhammad Shaddek Fuad kepada wartawan di Ambon, Selasa (23/1) mengatakan, saat ini, pihaknya sementara menyusun planning untuk pendistribusian dimaksud.

“KPU masih menyusun planningnya, tapi proses distribusi logistik itu biasanya dimulai dari gudang penyimpanan, kemudian menuju ke desa-desa dan nantinya dari desa, akan dibawah lagi ke masing-masing TPS,”ujarnya.

Pendistribusian dari desa dan kelurahan ke TPS kata Shaddek dilakukan sesuai aturan, yaitu satu hari sebelum hari pemungutan suara.

“Jadi dari desa dan keluarahan baru distribusi ke masing-masing TPS yang ada. Jadi tidak lagi di kecamatan,” jelasnya.

Baca Juga: PUPR Janji Evaluasi Pengawasan Proyek Air Bersih

Saat ini lanjut Shaddek, pihaknya tengah berkoordinasi dengan aparat keamanan dalam hal ini TNI/Polri, terkait kesiapan pendistribusian, mengingat itu akan berkaitan dengan penempatan personel dan lainnya untuk mengawal proses dimaksud.

“Karena ini bukan cuma soal kondisi logistik saja, tapi juga soal keamanan dan kepastian waktu pendistribusian seluruh kotak suara dan surat suara, maupun lainnya,” tandasnya.(S-25)