AMBON, Siwalimanews – Bencana kebakaran yang melanda Kota Ambon belakangan ini cukup banyak terutama kebakaran hutan dan lahan. Walaupun dengan armada Damkar yang dikatakan masih sangat kurang, namun dinas ini tetap berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik.

Untuk menutupi kekurangan armada Damkar, maka direncanakan pada tahun 2021, Dinas Pemadam Kebakaran akan mengusulkan untuk penambahan armada baru. Sedangkan di tahun ini, hanya akan dilakukan rekondisi dan peningkatan kamampuan armada.

“Kalau untuk usulan penambahan armada Damkar tahun ini tidak ada, hanya kita rekondisi serta meningkatkan kemampuan kendaraan. Tahun depan kelihatannya kita ada rencana untuk penambahan armada mudah-mudahan dapat diimplementasi,” ungkap Kadis Damkar Edwin Pattikawa kepada Siwalima di ruang kerjannya, Jumat (6/3).

Walaupun demikian, Pattikawa mengaku, secara perencanaan belum dilakukan secara tertulis atau telaah, namun pemikiran untuk penambahan armada sudah ada jika dilihat dari jangkauan ke tempat kejadian bencana yang jaraknya cukup jauh.

Saat ini armada damkar yang ada berjumlah 12 unit ditambah dua kendaraan pendukung yakni mobil tangga dan yang pick up.

Baca Juga: Penjualan Dibatasi, Dinkes Ingatkan Masker Hanya bagi Orang Sakit

“Idealnya itu kita harus miliki 20 unit armada damkar di kota ini, karena itu merupakan standar pelayanan minimal,” ujarnya.

Ditambahkan, rencana untuk penambahan armada ini memang baru sebatas wacana, namun hal ini telah dipikirkan, sebab berkaitan dengan penambahan pos-pos pembantu yang telah disiapkan.

Pos tersebut akan dibangun tahun ini di Kecamatan Nusaniwe yang rencananya di Dusun Eri Desa Nusaniwe dan di Kecamatan Teluk Ambon tepatnya di Desa Hative Besar.

“Kita mengharapkan tahun depan kita bisa diimbangi dengan penambahan armada,” harapnya.(Mg-6)