AMBON, Siwalimanews – Setelah mengalami penurunan kasus kebakaran di tahun 2019, memasuki tahun 2020 jumlah kasus kebakaran yang terjadi dari Januari sampai Juli 2020 mengalami peningkatan.

Menurut Analis Kebakaran Damkar Steven Lona, jumlah kebakaran yang didata oleh Damkar dalam tahun ini sejak bulan Januari hingga Juli mencapai 74 kasus kebakaran.

“Dari bulan Januari sampai dengan hari ini (red-kemarin) telah terjadi 74 kasus kebakaran dengan rincian, objek kebakaran antara lain 17 kali kebakaran rumah/bangunan tempat tinggal, 39 kali kebakaran, hutan/lahan/semak belukar 6 kali kebakaran, sampah 11 kebakaran dan lain-lain,” tutur Lona kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Selasa (14/7).

Sedangkan terkait jumlah kejadian jika dibandingkan dengan tahun lalu, lanjut Lona, kebakaran cenderung meningkat. Tahun lalu jumlah kejadian kebakaran tercatat dari Januari sampai Juli hanya 46 kejadian.

Hal tersebut menurut Lona, dipicu oleh kemarau panjang yang melanda Kota Ambon dari bulan Januari hingga Maret 2020, sehingga menimbulkan banyaknya kebakaran hutan dan lahan di Kota Ambon.

Baca Juga: 6.544 KK di Ambon Belum Terima BLT

Ia menjelaskan, langkah antisipasi sudah dilakukan pihaknya dengan melakukan pembekalan oleh Damkar sebagai dinas teknis yang paling bertanggung jawab terhadap setiap kebakaran yang terjadi di Kota Ambon.

“Tindakan yang telah dilakukan untuk mengurangi kejadian kebakaran di Kota Ambon antara lain, terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran secara dini, dan terus melakukan pengawasan terhadap alat proteksi kebakaran yang dimiliki oleh setiap bangunan tempat usaha baik alat proteksi aktif maupun pasif,” tandasnya. (Mg-6)