AMBON, Siwalimanews –  2.577 lulusan Universitas Pattimura Ambon diwisudakan. Wisuda sarjana, profesi, magister, dokter, doktor dan Program Studi di Luar Kampus Utama Kabupaten Aru dan MBD periode Mei 2023 itu digelar dalam rapat terbuka luar biasa senat dalam rangka dies natalis ke-60 tahun Unpatti.

Acara wisuda yang dipusatkan di auditorium Unpatti, Rabu (3/5) dibuka oleh Ketua Senat. S E M Nurahua. Ribuan lulusan ini diwisudakan berdasarkan SK Rektor Unpatti Nomor 912/UN13/SK/2023, yang terdiri dari, lulusan sarjana sebanyak 1.403 lulusan, 45 lulusan profesi dokter, 975 lulusan profesi guru, 150 lulusan magister, dan 4 lulusan doktor.

Untuk lulusan pasca sarjana sebanyak 154 lulusan, Fakultas Hukum 167 lulusan, FISIP 201 lulusan, Fakultas Ekonomi 234 lulusan, FKIP Reguler 1.355 lulusan, Fakultas Pertanian 70 lulusan, Fakultas Perikanan 75 lulusan, Fakultas Teknik 118 lulusan, Fakultas MIPA 44 lulusan, Fakultas Kedokteran 79 lulusan, dan Program Studi di Luar Kampus Utama Aru 31 lulusan dan PSDKU MBD 49 lulusan. Dari ribuan lulusan itu terdapat 93 mahasiswa yang lulusn dengan predikat cumlaude.

Ketua Senat Unpatti S E M Nirahua dalam sambutannya menuturkan, ini merupakan momen sebagai tanda dimulainya perjuangan panjang. Untuk itu, lakukan yang harus dilakukan, dan hindari apa yang harus anda hindari, dan perhatikan apa yang terjadi karena semua berawal dari sebuah keputusan, sehingga ambillah keputusan yang terbaik.

“Saya juga menyampaikan terima kasih kepada Pemda Aru dan MBD atas dukungannya selama ini,” ujar Nirahua.

Baca Juga: Hari Kedua Belum Ada Parpol yang Mendaftar

Sejak tahun 1963 kata Nirahua, Unpatti tumbuh dengan moto Hotu Mese, tumbuh dalam tantangan, dan Unpatti terus berbenah agar dapat menjadi institusi pendidikan tinggi yang dikenal dan dirasakan keberadaannya secara nasional dan internasional.

Hingga saat ini, Unpatti telah banyak mengembangkan berbagai pemikiran strategis dan karya yang besar dalam pembangunan bangsa.

“Oleh karena itu, kita harus optimis, Unpatti akan mampu mewujudkan visinya, asalkan kita tetap berkomitmen dan taat asas,” tandas Nirahua.

Sementara itu, Gubernur Maluku, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Gubernur, Samuel Huwae juga menyampaikan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati dan berharap, dengan momen ini, bisa dijadikan harapan untuk menjemput hari esok yang lebih baik.

“Momen ini jangan hanya dijadikan momentum serimonial saja, tetapi harus dimaknai sebagai sebuah refleksi,” pinta gubernur.

Gubernur juga memberikan apresiasi bagi seluruh civitas akademika, sambil tetap berharap dukungan semua pihak, supaya tugas-tugas pemerintah dalam membangun Maluku yang lebih berkualitas, dapat ditingkatkan.

Pihaknya juga menyampaikan selamat dan sukses kepada rektor dan sekuruh civitas akademika Unpatti atas momen ini.

“Momen ini hanya berselang satu hari dari hari pendidikan nasional, semoga dengan momen ini, kita bisa bergerak bersama semarakan merdeka belajar di Maluku,” harap gubernur.(S-25)