AMBON, Siwalimanews –   Sebanyak 151 personel Polda Maluku mulai dari pangkat Briptu hingga Aiptu dimutasikan oleh Ka­polda Maluku, Irjen Baharudin Djafar.

Mutasi ratusan personel Polda Maluku tersebut tertuang dalam tiga surat telegram rahasia (STR) Ka­polda Maluku.

STR yang ditanda tangani Karo SDM Polda Maluku Kombes Moh Dwita Kumuwardana ini masing-masing bernomor: STR/112/V/KEP/2020 tertanggal 8 Mei 2020 tentang perpanjangan masa penugasan pe­mangku sementara serta pember­hen­tian dari dan pengangkatan da­lam jabatan ditingkat Polda Maluku.

Kemudian STR kedua yakni No­mor: STR/113/V/KEP/2020 tertang­gal 8 Mei 2020 tentang mutasi bri­gadir di lingkungan Polda Maluku serta STR ketiga Nomor: STR/114/V/KEP/2020 tertanggal 8 Mei 2020 tentang mutasi brigadir dilingku­ngan Polda Maluku.

Untuk mencegah dan meminima­lisir penyebaran Covid-19, maka Kapolda minta dalam STR itu ke­pada pejabat pengemban fungsi SDM, untuk berkoordinasi dengan pe­ngemban fungsi SDM pada satker tujuan mutasi, terkait teknis dan waktu penghadapan personil yang melaksanakan mutasi.

Baca Juga: Kawal Anggaran Covid-19,  DPRD Bursel Bentuk Pansus

Selain itu, para personil juga di­minta untuk mengajukan biaya perjalanan dinas mutasi dari satker Polda Maluku ke Satker polres jaja­ran maupun sebaliknya, terkecuali mutasi antar Satker Polda atau dari Satker Polda ke Polresta Pulau Ambon maupun sebaliknya.

Para personel yang dimutasi juga di­minta berkoordinasi dengan peja­bat pengemban fungsi kesehatan untuk melakukan pemeriksaan kese­hatan ter­hadap personil yang melak­sanakan mutasi sebelum menghadap dan sete­lah menghadap di kesatuan yang baru.

Kabid Humas Polda Maluku Mu­hammad Roem Ohoirat yang dikon­firmasi Siwalima melalui telepon selulernya, Sabtu (9/5) terkait dengan mutasi tersebut membenarkannya.

“Ia benar ada mutasi ratusan personel baik itu Brigadir maupun Aiptu,” ungkap Kabid. (S-32)