NAMLEA, Siwalimanews – Sebanyak 1.158 tenaga kesehatan yang bertugas di Kabupaten Buru akan disuntik vaksin Covid-19.

“Untuk tahap pertama ini, khusus  tenaga kesehatan sesuai data yang diinput di SISDK dan sampai saat ini sudah terinput 1.158 orang,” ungkap Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Buru, Nani Rahim kepada wartawan di Namlea,  Selasa (5/1).

Menurutnya, vaksin untuk Maluku telah tiba dan saat ini tersimpan di gudang farmasi milik Dinkes Maluku di Ambon.

“Semua daerah sementara menunggu instrusksi dari pusat untuk distribusi ke kota/kabupaten. Kita juga belum  tahu berapa banyak jatah untuk Kabupaten Buru,” ujar Nani.

Ia mengaku, belum bisa memberikan keterangans ecara detail terkait dengan vaksin yang bakal dikirim ke Namlea,  karena belum ada data jelas dari provinsi ke kabupaten.

Baca Juga: 15 Ribu Vaksin Tiba

Walaupun demikian, sambil menunggu vaksin tiba dan direncanakan pemberian vaksin dilakukan serentak sesuai agenda pada 14 Januari nanti,  tim satgas Buru juga terus memperbaharui data nakes yang akan divaksin.

“Saat ini masih terus di update data nakes yang akan divaksin. Nakes yang akan divaksin itu terdiri dari tenaga medis dan para medis serta semua petugas di RSU,  puskesmas, serta mantri dan bidan desa.

Para nakes yang akan divaksin ini bukan saja pegawai di lingkup Pemkab Buru,  tapi juga melibatkan nakes dari institusi TNI dan Polri yang bertugas di daerah itu.

“Bpk dan ibu wartawan tolong bersabar, kebijakan vaksinani ini menunggu instruksi dari pusat, teknisnya seperti apa belum ada kejelasan,” tutupnya.

Walau belum merincinya, masyarakat umum di Kabupaten Buru sudah duluan mengetahuinya lewat media massa,  jika vaksin sinovac asal China yang bakal digunakan untuk nakes di Maluku,  termasuk di daerah penghasil minyak kayu putih ini.

Beberapa nakes yang bertugas di RSU namlea dan beberapa puskesmas mengaku juga sudah mendapat khabar itu.

“Kami ikut saja maunya pemerintah, bila ini untuk kebaikan semua orang, ” jelas satu nakes pria di RSUD Lala Namlea.

Pria yang mewanti namanya tidak disebutkan ini mengaku sudah mendapat khabar dari rekannya di Ambon kalau vaksin sinovac telah tiba pada tahap pertama sebanyak 15.120 dosis. Vaksin tersebut diperuntukkan bagi tenaga kesehatan se- Maluku yang berjumlah 14.135 orang. (S-31)